DPS RL Berkurang

Senin 23-07-2018,09:10 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Setelah dilakukan perbaikan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan KPU Rejang Lebong beberapa waktu lalu, jumlah DPS di Kabupaten Rejang Lebong justru mengalami pengurangan.

\"Setelah kita lakukan perbaikan, justru DPS kita mengalami pengurangan,\" sampai Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo usai rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di aula KPU Rejang Lebong, Minggu (22/7) kemarin.

Dalam DPS yang telah diplenokan KPU Rejang Lebong sebelumnya, jumlah DPS di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 205.359 pemilih. Kemudian setelah dilakukan perbaikan jumlah pemilih di Kabupaten Rejang Lebong tinggal 203.943 jiwa atau berkurang sebanyak 1.426 pemilih.

Adanya pengurangan pemilih tersebut, menurut Restu karena masih ditemukannya data ganda di lapangan, sehingga menurutnya setelah dilakukan perbaikan atau penghapusan data ganda tersebut, jumlah DPSHP Rejang Lebong berkurang dari DPS.

Data ganda tersebut baik yang ditemukan langsung oleh petugas KPU Rejang Lebong maupun masukan dari Panwas Kabupaten Rejang Lebong. Meskipun, Restu juga mengakui dalam proses perbaikan DPS tersebut ada penambahan jumlah pemilih karena belum masuk dalam DPS.

\"Untuk penambahan memang ada, namun jumlahnya tidak signifikan, sehingga tidak mempengaruhi perubahan dalam DPSHP ini, sehingga jumlahnya malah berkurang dari DPS lalu,\" terang Restu.

Setelah dilakukan pleno DPSHP tersebut, kemudian langkah yang akan dilakukan oleh KPU Rejang Lebong, menurut Restu adalah dengan mengumumkan kembali kepada masyarakat terkait dengan DPSHP tersebut. Dengan harapan masyarakat kembali mencermati pengumuman DPSHP.

Dengan diumumkan DPSHP tersebut, masyarakat bisa mengetahui apakah mereka sudah masuk atau belum sehingga bisa dimasukkan dalam dafar pemilih untuk Pemilu serentak tahun 2019 mendatang sebelum dilakukan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dijadwalkan akan dilaksanakan KPU Rejang Lebong pada awal September mendatang.\"DPSHP ini akan kami umumkan kembali, sehingga masyarakat bisa mencermati, kemudian bagi yang belum masuk bisa kita masukkan sebelum adanya penetapan DPT pada September mendatang,\" demikian Restu.

Pleno DPSHP yang dilaksanakan KPU Rejang Lebong kemarin dihadiri oleh petugas PPK dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong serta perwakilan dari Parpol peserta Pemilu serentak 2019 mendatang.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait