CJH ke Tanah Suci

Selasa 10-07-2018,10:50 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI secara resmi akan melepas 92 orang Calon Jamaah Haji (CJH) ke tanah suci. CJH asal Lebong tergabung kloter 6 bersama Kota Bengkulu Embarkasi Padang. Dikatakan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lebong, Drs H Hamdani MPd melalui Kasi Haji, Hj Yuliana Ama Pd, untuk tahun 2018 ini CJH yang telah terdaftar untuk diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 93 orang. Namun berkurang 1 orang atas nama Rosma Amran jamil Warga Kecamatan uram Jaya. Karena mutasi berangkat ke Kabupaten Rejang Lebong namun untuk kelengkapan atau yang lainnya masih tanggung jawab Lebong.

“Sehingga jamaah haji yang akan kita berangkatkan dari Kabupaten Lebong sebanyak 92 orang,” jelasnya, kemarin (09/07).

Dari jumlah 92 CJH orang dari 12 kecamatan, terdiri dari 4 CJH dari Kecamatan Lebong Selatan dan Rimbo Pengadang, 15 jamaah dari Kecamatan Amen, 16 jamaah dari Kecamatan Lebong Utara dan Bingin Kuning, 18 Jamaah dari Kecamatan Lebong Tengah dan 19 jamaah dari Kecamatan Topos. “Terdiri dari 39 orang jamaah laki-laki dan 53 orang jamaah perempuan,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut para jamaah haji dibagi menjadi 2 rombongan dan 8 regu yang dipimpin masing-masing 1 ketua regu dengan jumlah anggota 11 dan 12 orang. Adapun yang menjadi ketua rombongan (Karom) 1 yaitu Zainal Abidin Sahi dan ketua rombongan 2 Amir Hamza Rompi, dimana masing-masing Karom bertanggung jawab terhadap 45 orang jamaah haji dengan total 90 orang. “Untuk sisanya sebanyak 2 orang akan bergabung dengan jamaah dari Kota Bengkulu,” sampainya.

Sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji, Kemenag Lebong memastikan seluruh tas koper para jamaah yang akan berangkat telah terkumpul. Sehingga pada 20 Juli 2018 seluruh tas koper telah dikirimkan ke Kota Bengkulu. Selanjutnya pada tanggal 21 Juli 2018, seluruh jamaah haji diwajibkan telah berkumpul di Masjid Agung Sultan Abdullah untuk dilepas secara resmi oleh Bupati Lebong. “Para jamaah akan beristirahat di Masjid Agung Curup untuk melaksanakan salat Magrib dan Isa berjamaah, barulah akan dilanjutkan menuju asrama haji Kota Bengkulu,” ucapnya.

Selanjutnya pada tanggal Minggu, 22 Juli 2018 pada pukul 23.30 WIB para jamaah akan berangkat menggunakan pesawat terbang untuk menuju Bandara Udara BIM Padang, Sumatra Barat. Kemudian pada hari Senin, 23 Juli 2018 pukul 04.05 WIB para jamaah akan diberangkatkan dari Bandara Udara BIM Padang menuju Madinah.

“Baru pada tanggal 3 September 2018 seluruh jamaah tiba di kembali di Kabupaten Lebong,” ucapnya.

Dengan ini, Yuliana meminta, kepada seluruh CJH maupun keluarga untuk tidak lupa dengan jadwal yang telah ditetapkan dan saling mengingatkan. “jadi semua telah ada jadwalnya dan harus tepat waktu,” tuturnya . (614/KRN)

Tags :
Kategori :

Terkait