Asupan Gizi Setiap Usia Beda

Selasa 03-07-2018,13:10 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Hj Fitri Hertikasari Hijazi SE mengingatkan bahwa asupa gizi setiap orang berbeda berdasarkan usianya. Oleh karena itu ia meminta kepada ibu rumah tangga untuk tidak masak satu jenis makanan saja setiap harinya.

\"Asupan gizi manusia tidak sama, karena setiap usia akan berbeda, anak-anak berbeda dengan dewasa, dewasa tidak sama dengan lansia,\" sampai Ketua TP PKK Rejang Lebong saat pembukaan lomba menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Rejang Lebong Senin (2/7) kemarin.

Oleh karena itu, Bunda meminta para orang tua atau ibu-ibu saat masak tidak hanya membuat satu menu saja, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi dari setiap keluarga yang ada dirumah. \"Kalau masak, ibu-ibu jangan egois dengan memasak satu menu saja atau sesuai dengan selera mereka, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi masing-masing keluarga,\" ingat Bunda.

Sementara itu, lomba menu B2SA kemarin bukan hanya kegiatan seremonial untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Curup ke-138 saja, namun menurut Bunda lebih kepada agar para ibu-ibu di Kabupaten Rejang Lebong bisa mengetahui cara menyajikan makanan yang sehat sesuai dengan B2SA. \"Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap kedepannya kita akan tahui berapa takaran makanan sesuai dengan usia masing-masing,\" tambahnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, panitia juga telah menghadirkan 5 orang juri yang berkompeten dibidangnya. Oleh karena itu Bunda berharap para peserta untuk serius dalam mengikuti lomba yang dilaksanakan TP PKK Rejang Lebong setiap tahun tersebut. Karena menurut Bunda, pemenang dalam lomba tersebut akan mewakili Rejang Lebong ke Provinsi Bengkulu, kemudian kalau memang ditingkat Provinsi Bengkulu akan mewakili Provinsi Bengkulu ke nasional seperti yang dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Curup. Dimana karena memenangi lomba B2SA tingkat Kabupaten Rejang Lebong dan kembali menang ditingkat provinsi Bengkulu, tim B2SA dari Kecamatan Curup mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional.

\"Karena keberhasilannya dalam waktu dekat ini tim dari Kecamatan Curup akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba menu B2SA tingkat nasional di Kalimantan,\" demikian Bunda.

Sementara itu, Ketua Panitia dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong, Syafril Johan menjelaskan kegiatan lomba menu B2SA merupakan bagian dari program pemanfaatan pekarangan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa menggali sumber pangan dari beras. \"Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemanfaatan pekarangan untuk menggali potensi pangan yang ada di Rejang Lebong ini,\" sampai Syafril.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait