Harga TBS Disepakati Turun

Harga TBS Disepakati Turun

Suasana rapat penetapan harga TBS Pemprov Bengkulu-(foto: nur meissuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit hari ini disepakati di tingkat pabrik mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya yakni berada diangka Rp. 2.095 per kilogram-nya (Kg).

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Holikultura dan Perkebunan (DTHP) Provinsi Bengkulu, Bickman SH MH mengungkapkan, jika dibandingkan penetapan dua minggu lalu harga TBS disepakati berada diangka Rp 2.230 di tingkat pabrik bahkan di beberapa perusahaan kelapa sawit (PKS) ada yang mencapai Rp. 2.400.

Akan tetapi dia memastikan, penurunan ini bukan karena faktor seperti sebelum-sebelumnya. Sehingga menurutnya ini merupakan hal biasa fluktuasi harga.

BACA JUGA:Pengusulan Dana Hibah Pemprov Bisa Lewat Aplikasi

"Ini memang mengalami penurunan dibanding sebelumnya yang sudah diharga Rp. 2.400, tapi itu bukan persoalan pasar yang sedang gejolak seperti seblumnya," ungkap Bickman, usai rapat penetapan harga TBS, Kamis (15/12/2022).

Dia memastikan faktor cuaca dengan intensitas curah hujan tinggi yang melanda hampir disemua wilayah di Provinsi Bengkulu adalah penyebab utama.

Karena, menyebabkan lambannya mobilisasi pengangkutan TBS dari wilayah perkebunan. Sehingga mempengaruhi kualitas dan produktifitas buah sawit yang dipanen.

"Karena memang cuaca saat ini memang mempengaruhi mobilisasi untuk pengangkutannya," ujarnya.

Berdasarkan berita acara hasil penetapan harga TBS hari ini, harga ditingkat Pabrik Rp. 2.095, kemudian harga tertinggi Rp. 2.393 dan harga terendah Rp. 1.797.(Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: