BI Resmikan Galeri Batik Besurek

BI Resmikan Galeri Batik Besurek

\"2

Populerkan Batik Tulis Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu meresmikan Galeri Batik Besurek Canting Mas di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu. Persemian Galeri tersebut bertujuan untuk kembali mempopulerkan batik besurek tulis di Bengkulu.

Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, pihaknya telah membina kelompok Canting Mas dalam upaya melestarikan budaya batik tulis di Bengkulu. Pelestarian budaya tersebut dilakukan agar para pelaku batik besurek tulis di Bengkulu bisa terus eksis mengembangkan usahanya hingga terkenal di tingkat nasional. \"Kami berusaha agar batik besurek tulis di Bengkulu bisa terus ada, upaya ini dilakukan untuk membuat batik besurek tulis populer hingga ke tingkat nasional,\" ujar Endang, kemarin (30/5).

Salah satu Upaya yang dilakukan BI membuat batik besurek tulis menjadi populer dan terkenal dikalangan masyarakat yaitu dengan cara mendirikan Galeri Batik Besurek Canting Mas di Kota Bengkulu. Dengan berdirinya Galeri Batik Besurek Canting Mas ini diharapkan para pelaku usaha batik besurek tulis bisa bersaing dengan batik printing yang saat ini berusaha menghilangkan budaya membatik tulis. \"Batik besurek tulis harus tetap dipertahankan di Bengkulu karena ini adalah warisan budaya masyarakat Bengkulu,\" jelas Endang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, H Mushlih SH mengatakan, langkah yang dilakukan oleh BI Bengkulu sangat baik karena secara langsung telah ikut menggerakkan kelompok UKM di Bengkulu agar bisa bersaing dengan batik tulis dari daerah lain. Selain itu, kelompok binaan BI ini nantinya akan berpengaruh dengan nilai-nilai ekonomi dan bisa meningkatkan perekonomian melalui masyarakat kelompok kecil. \"Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BI, semoga batik besurek tulis di Bengkulu bisa terus berkembang dan membawa kemajuan ekonomi bagi Bengkulu,\" tukasnya.

Kegiatan peresmian Galeri Batik Besurek Bengkulu ini dihadiri Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra dan jajarannya, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu, H Lierwan SE, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu, H Muslih SH, dan kelompok canting mas Bengkulu serta para tamu undangan. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: