Tenaga Tagana Kurang

Tenaga Tagana Kurang

TAIS KABUPATEN SELUMA ,Bengkulu Ekspress - Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, saat ini kasih kekurangan tenaga Taruna Siaga Bencana (Tagana). Jumlah personel Taganan hanya 22 orang. Jumlah ini jelas kurang untuk menangani bencana bila terjadi.

\"Dari jumlah itu jelas kurang, tetapi mau bagaimana lagi. Kita harus optimalkan kerja mereka untuk menangani semua bencana yang kemungkinan terjadi di Kabupaten Seluma,\" ujar Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Seluma Ir Titik Sumila kepada Bengkulu Ekspress.

Untuk penambahan anggota Tagana harus melalui Dinsos Provinsi Bengkulu. Karena sebelum menjadi anggota Tagana harus melalui pelatihan yang biayanya hanya ada di Dinsos Provinsi.  \'\'Usulan penambahan sudah disampaikan. Mudah-mudahan tahun ini ada penambahan dan usulan tersebut bisa diakomodir,\'\' katanya.

Selain itu, permasalahan utama Tagana Kabupaten Seluma, terkendala gaji atau honor. Karena gaji yang diberikan kepada anggota Tagana ini masih dibawah upah minimum regional (UMR). Tagana ini masuk dalam program Tali Asih Dinsos Provinsi Bengkulu.

\"Selain honor mereka melalui program Tali Asih, dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota juga menganggarkan dana untuk honor mereka,\" kata Titik.

Kabupaten Seluma, daerah rawan bencana, seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu penambahan anggota Tagana ini memang sangat diperlukan untuk menkover wilayah Kabupaten Seluma yang memiliki luas 1.223,74 kilometer persegi.

\"Kalau dilihat dari luas wilayahnya jelas anggota Tagana yang kita miliki sekarang jauh kurang. Semoga saja kedepan ada penambahan, khususnya untuk Kabupaten Seluma,\" pungkasnya Titik. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: