Usulkan Perubahan Penerima Rastra

Usulkan Perubahan Penerima Rastra

TAIS KABUAPTEN SELUMA,Bengkulu Ekspress - Sejumlah kepala desa di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu saat ini diminta untuk segera melaporkan data penerima beras sejahtera (rastra). Pasalnya, usulan perubahan penerima ini akan disampaikan ke kementerian. Serta menjadi data terbaru penerima rastra dari Bulog Bengkulu.

\"Sampai sekarang sudah 100 orang sudah di usulkan menerima rastra oleh 27 desa di Seluma,\" tegas Kabid Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Seluma, Herman Susanto, SSos kepada wartawan.

Namun untuk kuota rastra yang sudah disalurkan tetap sebanyak 16.366 KK ditahun 2018. Serta dianggap belum sejahtera dan diberikan rastra sebanyak 10 Kg setiap bulannya secara gratis oleh Bulog Provinsi Bengkulu yang disalurkan secara rutin setiap bulannya.

“Silahkan kades dan lurah untuk mengusulkan perubahan, karena bisa saja, warganya ada yang sudah tidak layak menerima. Karena sudah sejahtera, atau sudah meninggal dunia. Serta sudah pindah dari desanya. Sehingga desa ataupun kelurahan bisa melakukan musyawarah untuk menetapkan pergantian penerimanya,” tegas Herman.

Selain itu, bagi warga kurang mampu yang memang menolak diberikan rastra secara pribadi penolakannya juga akan diganti datanya. Sedangkan untuk yang meninggal dunia, jika ada ahli warisnya dan masih mau menerima, tetap akan diberikan. Sedangkan untuk yang tidak ada ahli warisnya. Maka rastra akan diberikan kepada yang lebih layak menerimanya. “Begitu usulan kami terima kemudian kami proses. Serta kami usulkan ke kementrian. Kemudian jika disetujui langsung direkomendasikan sebagai penerima rastra di desa tersebut,” tegasnya.

Sehingga data penerima rastra jelas akan berubah penerimanya. Namun untuk total penerima tidak berubah. Sebelum dilakukan verifikasi dan validasi oleh Dinas Sosial bersama dengan tim yang akan dibentuk. Dengan melakukan pendataan dan mendatangi rumah-rumah masyarakat di Kabupaten Seluma. \" Masyarakat juga diminta menyampaikan laporan secara rutin mengenai penyaluran rastra di desanya,\"pungkas Herman.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: