Lima Desa Butuh Kantor

Lima Desa Butuh Kantor

MERIGI KELINDANG BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 5 desa di Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu saat ini belum memiliki kantor desa. Kelimanya adalah Desa Padang Kedeper, Bajak II, Talang Ambung, Taba Durian Sebakul serta Desa Ulak Lebar.

Demikian disampaikan Camat Merigi Kelindang, Zaidin Burhani SPd kepada Bengkulu Ekspress, kemarin. Karena belum memiliki kantor desa, sambung Camat, para Kepala Desa (Kades) dan perangkat terpaksa memanfaatkan rumah pribadi Kades untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

\"Karena belum ada kantor, musyawarah ataupun kegiatan yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa terpaksa dilaksanakan di rumah Kepala Desa (Kades) masing-masing,\" ungkap Camat.

Pada tahun 2018 ini, jelas Kades, Pemerintah daerah (Pemda) memang telah menyiapkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu senilai Rp 190 juta untuk membangun salah satu kantor desa. Akan tetapi, karena dalam daftar penggunaan anggaran (DPA) belum dimasukkan biaya perencanaan dan biaya pengawasan, maka pembangunan kantor desa belum bisa direalisasikan.m \"Karena tidak ada biaya untuk pengawasan, kami khawatir akan terjadi kesalahan dalam realisasinya nanti. Karena itulah, pembangunan kantor desa terpaksa kita tunda,\" jelas Camat.

Agar pelaksanaan kegiatan pemerintah tingkat desa lebih maksimal, sambung Camat, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan sejumlah OPD teknis di lingkungan Pemda Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu agar pembangunan kantor desa bisa segera dikabulkan.

\"Sejauh ini, masing-masing desa telah mempersiapkan lahan untuk pembangunan kantor. Diharapkan, pembangunan bisa dilakukan secara bertahap dan bisa dimulai dengan menggunakan dana dari APBD- Perubahan tahun 2018 ini,\" pungkas Camat.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: