BPOM Periksa Takjil

BPOM Periksa Takjil

TAIS, SELUMA Bengkulu Ekspress- Setelah membentuk tim terpadu, akhirnya Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) turun ke Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, untuk memeriksa jajanan takjil (makanan dan minuman berbuka puasa). Kamis (24/5) dan Jumat (25/5), jadwal pemeriksaan dan menguji terhadap sampel makanan dan minuman berbuka puasa. Sampel diambil dari sejumlah lokasi penjualan takjil di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

“Sampel mananan dan minuman apa saja yang akan diambil kita tidak tahu pasti, Ini tindak lanjut dari pengecekan mananan dan minuman dari zat terlarang,” ujar Kepala Bagian(Kabag) Sumber Daya Alam(SDA) Sekretariat Pemda Seluma, Zuraini SP Msi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (21/5).

Sampel yang diperiksa nantinya langsung diuji di lokasi penjualan takjil. Untuk diketahui mengandung bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada makanan atau tidak. Seperti formalin, borax, pewarna tekstil rhodamin B, kuning metanil dan auramin. Tim dari BPOM Provinsi Bengkulu membawa mobil laboratorium keliling. Setelah diuji semua sampel bisa disampaikan langsung hasilnya. “Kita ambil sampelnya dan langsung di uji dilabor keliling kita dan hasilnya juga bisa diketahui,” ujarnya.

Zuraini menerangkan, kawasan pasar mana yang diambil sampel takjilnya belum bisa dipastikan. Tergantung dari tim BPOM. Pemeriksaan takjil itu melibatkan tim dari kepolisian, Disperindagkop, Satpol PP lainnya ikut serta dilibatkan. Sekalipun demikian, Zuraini mengimbau, masyarakat agar tetap waspada dan teliti saat membeli takjil di lokasi manapun. Masyarakat hendaknya teliti membeli takjil dengan cara memilih tempat penjualan takjil yang higienis dan takjil yang dijual harus tertutup dan terkemas dengan baik.

\"Hindari takjil yang berwarna terang sebagai ciri-ciri pewarna tekstil pada umumnya. Cek fisik dan aroma pada pangan yang dijual, misalnya tidak berlendir dan berbau busuk,\" pungkasnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: