Manasik Haji Usai ebaran

Manasik Haji Usai ebaran

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng)  Provinsi Bengkulu akan melakukan kegiatan manasik haji kepada seluruh calon jemaah haji (CJH) yang telah terdaftar. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu, Dr Rusman Saleh MPd menjelaskan, kegiatan manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali.

\"Manasik haji akan kita lakukan setelah perayaan Idul Fitri 1439 H nanti,\" kata Rusman, kemarin.

Selama manasik haji nanti, sambung Rusman, pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa pihak. Mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) mengenai teknik menjaga kesehatan, serta kyai dan pihak Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu untuk menjelaskan mengenai kegiatan selama pelaksanaan ibadah haji. \"Manasik haji akan kita laksanakan di masjid Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu,\" terangnya.

Selain manasik haji yang dilaksanakan oleh Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu, pihaknya telah menfasilitasi 92 orang CJH Kabupaten Bengkulu Tengahuntuk mengikuti manasik haji mandiri oleh pihak swasta. \"Manasik ini sangat penting. Jangan sampai para CJH tidak mengetahui apa yang akan dilakukan nantinya,\" bebernya.

Rusman menjelaskan, bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai teknis keberangkatan para CJH. Pasalnya, pembagian kelompok terbang (kloter) merupakan ketentuan dari Kanwil Kemenag RI,\"Yang jelas, data CJH sudah kita sampaikan. Kita hanya tinggal menunggu pembagian kloter,\" paparnya.

Jika tidak ada aral melintang, para CJH akan mulai diberangkatkan pada tanggal 16 Juli 2018 nanti. Mempersiapkan keberangkatan, Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu telah membagikan koper yang akan dibawa oleh masing-masing CJH. \"Selain koper, kami juga sudah membagikan souvenir. Yakni, berupa mukena untuk CJH perempuan dan kain ihram bagi para CJH laki-laki,\" demikian Rusman.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: