Waspadai Penyakit Menyerang

Waspadai Penyakit Menyerang

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress - Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai berbagai penyakit yang bisa cepat menyerang kapanpun. Termasuk saat ini terjadi perubahan iklim dari panas ke hujan sejak sepekan terakhir. Kondisi ini cukup rentan menimbulkan penyakit, terutama cepat tertular melalui nyamuk.

”Kita ingatkan masyarakat waspada, untuk menghindari berbagai penyakit. Masyarakat diingatkan membudayakan hidup bersih,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Jun Harto SKM.

Upaya pencegahan penyakit tersebut, jajarannya telah melakukan berbagai program diantaranya memberikan bantuan kelambu, bubuk abate, kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan untuk kegiatan pengasapan atau fogging, kata Jun, dilakukan ketika kasus demam berdarah ada. Kendati demikian, kegiatan yang dilakukan jajarannya tidak menjamin sepenuhnya dapat mencegah ancaman penyakit demam berdarah dan malaria. Upaya yang lebih efektif adalah dengan membiasakan hidup bersih, baik di dalam rumah maupun di lingkungan pekarangan rumah.

“Budaya hidup bersih lebih efektif pencegahan dari berbagai penyakit. Pengasapan atau fogging hanya membunuh nyamuk-nyamuk besar saja. Tetapi tidak membunuh jentik-jentik nyamuk di tempat kotor dan tergenang air,”ungkap Jun.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: