Semidang Lagan Butuh Perhatian

Semidang Lagan Butuh Perhatian

SEMIDANG LAGAN BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress- Kerusakan jalan kabupaten Bengkulu Tengah di Kecamatan Semidang Lagan cukup memprihatinkan, yakni mencapai 95 persen. Berdasarkan penelurusan Bengkulu Ekspress (BE), Kecamatan Semidang Lagan yang terdiri dari 10 desa ini merupakan salah satu wilayah yang paling sedikit mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Salah satunya adalahnya porsi pembangunan infrastruktur jalan kabupaten. Sehingga pemerataan pembangunan belum dirasakan oleh masyarakat.

\"Ya, sebagian besar jalan kabupaten memang masih belum memadai,\" kata Camat Semidang Lagan, Depi Junaidi, kemarin.

Sesuai dengan topograpinya, lanjut Camat, ruas jalan kabupaten yang melintasi 7 desa di wilayah Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu masih dimanfaatkan oleh perusahaan batu bara. Rinciannya, Desa Kota Niur, Pagar Gunung, Karang Nanding, Semidang, Padang Siring, Gajah Mati, Pagar Jati dan Desa Lagan Bungin. Sehingga jalan kabupaten sekitar 10 kilometer tersebut masih memprihatinkan. Kondisi jalanan akan berdebu saat musim panas dan akan dipenuhi oleh lumpur batu bara berwarna hitam gelap ketika musim hujan.

Menyikapi kondisi ini, Camat belum bisa memberikan penjelasan. Ia hanya mengaku akan berupaya keras dan memperjuangkan agar peningkatan status jalan bisa dikerjakan. Baik dari anggaran Pemda Bengkulu Tengah ataupun dari Asosiasi Pengusaha Batu Bara (APBB) Provinsi Bengkulu yang mengaku siap untuk membangun jalan khusus batu bara di kawasan itu.

\"Aspirasi masyarakat mengenai kondisi jalan kabupaten akan kami usulkan ke Pemda Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Tak menutup kemungkinan pula, pihak APBB lebih dahulu melakukan pembangunan,\" tandasnya.

Sementara itu, masyarakat di Desa Semidang, Wawan mendesak agar pembangunan bisa segera direalisasikan, baik dari anggaran daerah maupun dari pihak swasta. Menurut Wawan, masyarakat sangat berharap agar Pemda Kabupaten Benteng bisa membuktikan kepedulian dan kecintaannya kepada masyarakat dengan meningkatkan status jalan menjadi aspal (lapen ataupun hotmik). \"Kami harap Pemda juga menggelontorkan dana untuk pembangunan jalan kabupaten di 7 desa Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu,\" pintanya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: