BCA Adakan Operasi Katarak Gratis di Bengkulu

BCA Adakan Operasi Katarak Gratis di Bengkulu

Bengkulu, bengkuluekspress.com– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kesehatan.

Komitmen ini diimplementasikan melalui program Bakti BCA dengan menyelenggarakan operasi katarak gratis sebagai salah satu upaya BCA menekan jumlah kebutaan akibat katarak. Bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami), BCA menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TAIS, Kecamatan Seluma Kota Bengkulu, pada 10 hingga 12 Mei 2018.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Operasional Cabang (KOC) KCU BCA Bengkulu Suryono Gunawan, Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Rizali Zakaria, Ketua Perdami Sumatera Selatan Dr. dr. Ramzi Amin, Sp.M(K), Direktur RSUD TAIS dr. Wiwin Herwini dan Kadinkes Seluma, Chaidir Muchtar S. Sos. Operasi katarak yang dilakukan di Bengkulu ini menargetkan dapat menjangkau sekitar 100 pasien.

“BCA menyadari layanan kesehatan yang layak dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, masih menjadi perhatian khusus. Kegiatan operasi katarak ini dilakukan BCA secara berkesinambungan dan kami berupaya agar dapat menjangkau masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Kami juga menyadari katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya saudara kita yang sudah berumur tapi ke semua kalangan, namun umumnya katarak dapat dipulihkan melalui operasi,” papar Suryono.

BCA telah bekerjasama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Sepanjang 2017, BCA telah memfasilitasi 5 tindakan operasi katarak gratis dengan total pasien sebanyak 610 pasien. Tindakan operasi katarak gratis dilakukan di RSUD Kota Tangerang, Luwu dan Luwu Timur Sulawesi Selatan, RSUD A Diponegoro Putussibau Kalimantan Barat, RSK Lindimara dan RS Karitas Kab Sumba Timur, Waingapu dan RSUD Dr H Abdul Moeloek Lampung.

Selain menyelenggarakan operasi katarak gratis, BCA turut menyerahkan bantuan satu unit Phacoemulsification Cataract Machine Intuitiv AMO dan tiga set alat pendukung operasi katarak kepada Perdami November 2017. Tak hanya itu, pada tahun 2017 BCA juga turut berpartisipasi dalam Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan oleh Kick Andy Foundation Desember 2017 di Klinik Ume Manekan Soe Nusa Tenggara Timur dengan total pasien sebanyak 109.

Sebelumnya, pada akhir 2016, BCA juga telah memberikan donasi senilai Rp 500 juta kepada SPBK Perdami dalam rangka pembelian dua buah mikroskop yang dibutuhkan untuk operasi katarak gratis di berbagai daerah di Indonesia. Per Desember 2016, BCA dan SPBK Perdami telah menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis sebanyak kurang lebih 51 kali di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada tahun ini, BCA juga telah melaksanakan operasi katarak gratis di RS Mata Prima Vision Medan, RS AU Dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja Bogor dan RS Columbia Asia Medan pada bulan Maret lalu. Tak hanya peduli pada bidang kesehatan BCA juga peduli pada masyarakat melalui kegiatan sosial lainnya, seperti seminar guru dari 17 sekolah Binaan BCA, pelatihan kepemimpinan untuk para penerima beasiswa Bakti BCA, seminar untuk UKM, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

“Kesehatan merupakan modal penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Melalui operasi katarak gratis ini, diharapkan masyarakat dapat kembali pulih dan sehat untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka. Mari bersama-sama membangun masyarakat yang sehat dan bebas dari katarak,” tutup Suryono. (Rls/**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: