Laporan Pilkada Gunakan Sistem Baru

Laporan Pilkada Gunakan Sistem Baru

\"PPkBENGKULU, bengkuluekspress.com - Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) Wali Kota dan Wakil Walikota Bengkulu, 27 Juni 2018 mendatang. Pada Selasa (8/5/18), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, menggelar bimbingan teknis penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara. Bimtek bagi panitia pemungutan kecamatan (PPK) se-Kota Bengkulu.

Dalam bimtek yang digelar di Hotel Nala Sea Side itu, PPK diberikan pemahaman terkait sistem penyampaian laporan yang harus dilakukan dan dilaporkan ke KPU.

Pada pilkada kali ini, penyampaian laporan sedikit berbeda dengan pilkada sebelumnya. Jika sebelumnya hanya menggunakan 2 metode. Kali ini penyampaian laporan dilakukan dengan 4 metode.

\"Pada Pilkada sebelumnya kan hanya ada 2 sistem penyampaian laporan yaitu scanner dan entri. Dari hasil bimtek di Banten, ada tambahan 2 sistem yaitu melalui web dan agrigator,\" ujar salah satu komisioner KPU Kota Bengkulu, M. Alim.

Dijelaskan oleh M. Alim, sistem agrigator tersebut nantinya digunakan para PPK. Setelah selesai pleno ditingkat PPK. Para PPK menginput data melalui aplikasi agrigator tersebut. Sementara, 3 sistem lainnya, yakni sistem scanner, entry, dan web digunakan pada hari H pemungutan suara. (ibe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: