Bulog Pastikan Stok Beras Aman

Bulog Pastikan Stok Beras Aman

CURUP, Bengkulu Ekspress - Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari, Bulog Sub Divre Rejang Lebong memastikan ketersediaan beras di Kabupaten Rejang Lebong, aman. Bahkan ketersediaan beras di gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong tersebut bukan hanya cukup hingga lebaran nanti, namun hingga bulan September mendatang. Demikian disampaikan Kepala Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Rudi Adlyn Damanik.

\"Untuk stok beras di Bulog kita pastikan cukup dan aman, oleh karena itu masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan beras di Rejang Lebong termasuk di Kepahiang dan Lebong,\" sampai Rudi saat dikonfirmasi Kamis (3/5) kemarin.

Dijelaskan Rudi, saat ini jumlah beras yang ada di gudang milik Bulog Sub Divre Rejang Lebong baik yang ada di Pekalongan maupun di jalur dua Merigi sebannyak 2.500 ton. Kemudian saat ini yang dalam perjalanan mencapai 2 ribu ton. Sehinga menurutnya stok yang dimiliki Bulog Sub Divre Rejang Lebong mencapai 4.500 ton.

\"Ketersedian beras kita selalu ada, karena saat jumlah beras di gudang tinggal 1.500 ton, kita langsung meminta pengiriman,\" tambah Rudi.

Dijelaskan Rudi, beras yang ada di gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong tersebut adalah beras dengan kualitas medium. Dimana menurutnya beras tersebut merupakan beras cadangan pemerintah, yang bisa dikeluarkan bila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, Bulog Sub Divre Rejang Lebong juga memiliki beras kualitas premium yang mereka beli dari sejumlah petani baik di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang maupun daerah lainnya. Beras jenis premium ini akan dijual lagi kepada masyarakat di tiga kabupaten tentu saja dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran.

\"Kalau beras premium ini, lebih rendah biasanya lebih rendah Rp 1.000 dibandingkan dengan harga beras pada umumnya,\" jelas Rudi.

Di sisi lain, dalam program menstabilkan harga beras di pasaran saat ini Bulog Sub Divre Rejang Lebong telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak salah satunya dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) disejumlah desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana dalam kerjasama tersebut, Bulog Sub Divre Rejang Lebong menyuplai bahan baku penjualan beras kepada BUMDes, kemudian BUMDes kembali menjual beras tersebut kepada masyarakat desa setempat, dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

\"Kita berharap nanti daerah yaitu desa-desa yang ada di Rejang Lebong dan Lebong bisa bekerjasama dengan kita seperti yang kita lakukan di Kepahiang sehingga harga beras di masyarakat bisa lebih stabil,\" harap Rudi. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: