Anggaran Darurat Bencana Rp 1 Miliar

Anggaran Darurat  Bencana Rp 1 Miliar

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mengalokasi anggaran darurat bencana alias dana tak terduga 2018 sebesar Rp 1 miliar. Dana tersebut berada di rekening Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepahiang belum diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala BPBD Ir Taufik melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Aryesi Maryana SPd mengatakan dana tak terduga berada di BKD belum di BPBD. Mekanisme pencairan dan penggunaan dana tersebut juga tidak asal dapat digunakan karena harus melihat besar kecilnya bencana. \"Bencananya berupa banjir bandang, bisa ganti seng kalaupun untuk bangun rumah tidak bisa. Karena sifatnya penanggulangan sementara, jadi untuk bangun tembok permanen tidak bisa,\" ungkapnya.

Menurutnya tahun 2017, dana darurat bencana atau tak terduga tersebut hanya terpakai Rp 300.000.000 untuk menangani bencana dibeberapa daerah seperti Kampung Bogor dan Kelobak.

\"Tahun lalu hanya kisaran tiga ratus juta terpakai dana tak terduga. Untuk penanggulangan bencana di Kampung Bogor, Kelobak dan irigasi Tertik,\" sebutnya.

Ditanya mengapak dana darurat bencana atau tanggap bencana tersebut belum dikelola langsung oleh BPBD, Aryesi mengatakan adanya permasalahan rekening. Sehingga belum dapat diberikan ke BPBD Kabupaten Kepahiang, tetapi dirinya tak menjelaskan secara rinci masalah rekening dimaksud. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: