LA Desa Pangan Aman

LA Desa Pangan Aman

TAIS, Bengkulu Ekspress - Guna menguatkan produksi industri rumah tangga (PIRT) di Kabupaten Seluma, Balai Besar Pengawas Obat dan makanan (BPOM) provinsi Bengkulu, melakukan pembinaan terhadap 3 desa di Provinsi Bengkulu, sebagai desa pangan aman (Paman). Satu diantaranya Desa Lawang Agung, Kabupaten Seluma. Kemarin (25/4), dilaksanakan pemantapan komitmen dengan pemerintah daerah serta, organisasi perangkat daerah(OPD) di Kabupaten Seluma, untuk bersinergi dalam program ini.

\"Komitmen dari pihak yang dibina tersebut sangat diperlukan, agar program pembinaan dapat berjalan maksimal. Termasuk dari Pemerintah Kabupaten Seluma dan OPD-nya,\" ujar Kepala BPOM Bengkulu Drs Burhanudin Gumay kepada Bengkulu Ekspress kemarin (25/4).

Kedepan dengan adanya komitmen bersama ini barulah dilakukan dan diberika pendidikan, serta pelatihan bagi para kader, untuk kemudian diteruskan ke warga di wilayah pembinaan. Mulai dari Karang Taruna, kelompok yanga ada di desa, serta sekolah sekalipun. Setelah pembinaan dilakukan, warga harus mempraktikkan pengetahuan yang diterima dalam kehidupan sehari-harinya.

\"Misalnya industri rumah tangga dan pedagang keliling. Mereka harus menerapkan penggunaan alat dan bahan yang aman dalam memproduksi pangan yang diperjualbelikan,\" tambahnya.

Dalam program tersebut, ada dua desa berasal dari Kabupaten Mukommuko, yakni Desa Panarik dan Ujung Padang. Kedua desa ini juga bersaing untuk menjadi yang terbaik. Desa terbaik mewakili Bengkulu ke kancah tingkat nasional yang berlangsung pada penghujung 2018 ini.

Sementara itu, Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, menyambut baik program binaan dari BPOM ini.

Menurutnya seluruh OPD harus berkomitmen ikut serta dan terlibat dalam pembinaan Desa Lawang Agung ini. Serta harus menjadi contoh untuk desa lainnya. Termasuk ikut serta dan bisa di perbuat untuk memajukan Seluma ini.

“Saya ingin seluruh OPD bisa ikut serta berdasarkan fungsi OPD-nya masing-masing,” pungkasnya.

Diketahui, kemarin bertempat di ruang rapat bupati Seluma dilakukan pertemuan rapat bersama BPOM Bengkulu, bersama seluruh kepala OPD di Kabupaten Seluma. Dengan tujuan untuk menuntut komitmen bersama untuk menjadikan Desa lawang Agung sebagai desa percontohan dan binaan BPOM Bengkulu.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: