Debat Kandidat, KPU Siapkan 3 Tema

Debat Kandidat, KPU Siapkan 3 Tema

\"\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melalui tim panelis yang beranggotakan 5 orang dari unsur akademisi, telah merancang persiapan debat kandidat pasangan Calon Walikotan dan Wakil Walikota Bengkulu pertama yang akan digelar pada tanggal 28 April 2018 mendatang.

Setiap paslon diminta untuk mampu menyesuaikan dengan materi atau tema yang telah disiapkan tersebut.

\"Kita sudah mengirim surat kepada masing-masing ketua tim kampanye pasangan calon (Paslon), mengenai apa saja tema yang akan dibahas dalam debat pertama, kedua dan ketiga nanti,\" kata Komisioner KPU Kota Bengkulu Divisi Sosialisasi, Sri Hartati MPd, kemarin (24/4).

Adapun tema yang akan dibahas pada debat pertama yakni mengenai peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu, dengan materi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

\"Tema ini telah dirancang khusus oleh tim penyusun materi, yang disesuaikan dengan kondisi di daerah,\" ungkapnya.

Kemudian untuk tema pada debat kedua yang digelar pada tanggal 5 Mei 2018 yakni memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Dengan materi menyerasikan pelaksanaan pembangunan Kota Bengkulu dan provinsi dengan nasional. Selanjutnya, tema pada debat kandidat ketiga yang akan digelar 21 Juni 2018 yakni pemberantasan korupsi, narkoba, tenaga kerja, pendidikan, teknologi informasi, lingkungan hidup, disabilitas, peranan perempuan, dengan materi menyelesaikan persoalan daerah.

\"Secara teknis, nanti materi akan dibacakan oleh moderator yang ditujukan kepada seluruh paslon. Untuk menjawab persoalan itu, masing-masing paslon akan diberikan waktu beberapa menit sesuai dengan kebutuhan jawaban, jadi calon juga harus memperhatikan waktu itu,\" paparnya.

Debat kandidat ini akan dibagi dalam 6 segmen, dimana pada segmen satu paslon diberikan kesempatan untuk pemaparan visi dan misi terkait dengan tema. Kemudian pada segmen kedua, akan diberikan pertanyaan mendalam visi dan misi atau penajaman. Kemudian pada segmen ketiga, pertanyaan akan dibacakan moderator yang dibuat oleh tim penyusun, untuk mendengarkan pemaparan paslon.

Selanjutnya, pada segmen keempat dan kelima masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan diberikan waktu untuk menanggapi atau klarifikasi. Sedangkan pada segmen keenam akan diberikan closing statement oleh paslon.

\"Dalam debat itu, kita juga kedatangan tamu dari luar daerah seperti KPU Kota Pagar Alam, dan Gorontalo, serta beberapa kabupaten tetangga,\" pungkasnya. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: