BMT Kota Mandiri Support Modal UMKM

BMT Kota Mandiri Support Modal UMKM

\"jamur+gudang\" RATU SAMBAN, BE-  Jamur tiram  putih (Pleuratus ostreatus sp) bukan  hanya sebagai sayuran biasa, namun sudah memberikan efek  terhadap  perekonomian di Kota Bengkulu.  Terkait dengan budidaya jamur tiram itu, BMT Kota Mandiri yang beralamat di Jalam Basuki Rahmad Kota Bengkulu  telah  memberikan bantuan  modal kepada 12 kelompok binaan  usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk budidaya jamur tiram.

Manajer BMT, Andriadi menuturkan,  kelompok binaannya  tersebar di Kota Bengkulu. Mereka mendapat pinjaman modal dengan besaran bervariasi, mulai Rp 5 juta hingga puluhan juta. Mereka  dikenakan simpanan pokok  Rp 500 ribu/tahun dan simpanan wajib Rp 50 ribu/bulannya. \"Tingginya permintaan jamur tiram itu,  BMT  Kota Mandiri akan meningkatkan pinjaman modal hingga Rp 45 juta kepada kelompok  pembudidaya jamur,\" kata Andriadi.

Pengembangbiakan jamur tiram  mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan. Tepatnya pemanfaatan  lahan lingkungan  sebagai  tambahan penghasilan. Apalagi budi dayanya tidak sulit, hanya membutuhkan ketelatenan dengan modal kecil bisa  meraih keuntungan yang berlipat. \"Banyak keuntungan membudidayakan jamur,  membuka lapangan kerja,  serta mengasah generasi muda untuk berwirausaha, \" katanya.

Produksi jamur tiram dalam satu kelompok bisa memproduksi hinga 20 kg, dan itu kebanyakan dijual di pasar tradisional, dan permintaan cukup banyak, bahkan kita kekurangan. \"Kelompok binaan kami telah menguasai budidaya  jamur, dan saat ini telah  berproduksi. Untuk produksi jamur tiram putih mencapai 5 sampai 20 kg perhari dengan harga jual mencapai Rp 20.000 perkilo,\" jelasnya.

Melalui pemanfaatan lahan pekarangan ini, akan mendongkrak  pendapatan, dan mampu sebagai penghasilan tambahan. Kedepannya BMT kota Mandiri akan terus berupaya mendapatkan  penambahan modal.\"Tidak hanya permodalan saja, nantinya juga akan merancang bagaimana proses pemasaran dan pengemasanya,\" tukasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: