Pertamina Jamin Kebutuhan Dex Series Tercukupi

Pertamina Jamin Kebutuhan Dex Series Tercukupi

Peluncuran Perdana Dex Series TBBM Pulai Baai

PERTAMINA Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan kembali hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap energi berkualitas dengan melakukan peresmian penyaluran perdana Bahan Bakar Diesel Dex Series dari Terminal BBM (TBBM) Pulau Baai, Bengkulu.

General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto saat meresmikan peluncuran pertama Dex series memastikan akan mampu mencukupi kebutuhan bahan bakar diesel Dex series di Provinsi Bengkulu, karena selama ini Pertamina Dex dan Dexlite di Bengkulu sendiri harus dihadirkan dari luar Provinsi Bengkulu, sehingga bahan masyarakat sedikit kesulitan untuk mencari dex series tersebut.

Peluncuran perdana Dex Series dari TBBM Pulai Baai Bengkulu disaksikan oleh Plt Gubernur Provinsi Bengkulu yang diwakilkan oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ahyan Endu, Ketua DPC Hiswana Miga Bengkulu, Agus Anzari, serta Operation Head TBBM Pulau Baai, Widhi Purbo Nugroho dan tamu undangan lainnya.

\"Sebenarnya selama ini kita sudah menyiapkan, namun memang belum mantap karena pasokannya dari Jambi sehingga ketersediaan di Kota Bengkulu tidak selalu ada. Nah ini merupakan salah satu komitmen kita (Pertamina,red) untuk terus menjaga suplai produk terbaik bagi konsumennya, yakni dengan menyediakan BBM berkualitas tinggi dari TBBM Pulau Baai Bengkulu dengan jaminan suplai yang baik,\" jelas Erwin.

Dijelaskan Erwin, Dex Series ini sendiri terdiri dari dua produk unggulan utama, yakni Pertamina Dex dan Dexlite. Pertamina Dex adalah bahan bakar diesel berkelas dunia setara dengan Euro 4 yang menawarkan performa tinggi bagi kendaraan diesel.

Dengan Cetane Number (CN) 53, Pertamina Dex membuat kinerja mesin lebih optimal sehingga mesin akan lebih tangguh dan bertenaga. Disisi lain, Dexlite dengan CN 51, memiliki keunggulan dalam memberikan respons mesin yang optimal untuk penggunaan sehari-hari sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien.

Selain memberikan performa terbaik bagi mesin kendaraan, Dex Series juga menawarkan keunggulan emisi yang ramah lingkungan. Sebagai bahan bakar yang setara dengan Euro 4, Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur di angka 300 parts per million (ppm), bahkan pada kondisi terbaik bisa mencapai 50 ppm. Begitupun dengan Dexlite, bahan bakar ramah lingkungan ini memiliki kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm, jauh lebih rendah daripada bahan bakar diesel konvensional yang mencapai angka 2.500 ppm.

Kandungan sulfur sangat berpengaruh terhadap emisi gas buang kendaraan, makin rendah sulfurnya, makin baik emisi gas buang kendaraannya. \"Ini adalah kualitas BBM yang lebih baik, tidak hanya bagi kinerja kendaraan, namun juga untuk lingkungan. Hingga saat ini penjualan Dex Series di Bengkulu sudah berjalan, dan berapapun kebutuhan pasar nanti akan kita penuhi. Karena lebih dari 1000 KL Dex Series saat ini sudah kita siapkan untuk memenuhi kebutuhan BBM Masyarakat Bengkulu,\" ungkap Erwin.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ahyan Endu mengungkapkan apresiasinya kepada Pertamina untuk terus memberikan perhatian terhadap konsumennya. Bahkan saat ini pihaknya mengharapkan seluruh kendaraan dinas jenis diesel untuk menggunakan Dex series. \"Dengan disiapkan dan kesediaan dex series ini tentunya kita sangat bergembira, karena tidak akan ada lagi kelangkaan untuk jenis dex series di Bengkulu,\" jelas Ahyan.

Selain itu, Ketua Hiswana Migas, Agus Anzari juga menyambut baik dengan launching DEx Series di TBBM Pulau Baai Bengkulu. Mengingat selama ini, Pertamina Dex disuplai dari Jambi maka seringnya terjadi kelangkaan untuk jenis tersebut. \"Mudah-mudahan dengan adanya suplay Pertamina Dex dari TBBM Pulau Baai ini dapat memenuhi kebutuhan BBM masyarakat. Selain itu, diharapkan kedepan penjualan Pertamina Dex di Bengkulu bisa meningkat sehingga bisa mengurangi subsidi solar yang selama ini sudah terlalu besar diberikan Pemerintah,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: