Anak “Konflik Hutan” Sekolah Khusus

Anak “Konflik Hutan”  Sekolah Khusus

\"MOUBINTUHAN, BE- Dirjen Pembinaan Layanan Khusus Pendidikan Kemendikbud resmi mencanangkan pendidikan layanan khusus di lokasi Pondok Pusaka Kabupaten Kaur. Pembangunan sekolah pendidikan layanan khusus tersebut diperuntukkan bagi  anak  dari daerah terpencil dan korban konflik kawasan hutan.

Anak-anak  tidak mampu secara ekonomi terbantukan program pendidikan tersebut  Hadir dalam acara tersebut Dirjen Pembinaan  Layanan Khusus Kemendibud Dr Mudjito, didampingi Bagian Litbang Pusat Dr Hermana Sumatri  dan Konsultan Daerah Khusus Prof Endang Ekowarna, dan Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik MSc  dan unsur Muspida dan para undangan.

Dirjen Pembinaan Layanan Khusus Kemendikbud Dr Mudjito mengatakan dalam Pencanangan pendidikan layanan khusus tersebut dipusatkan di lokasi Pondok Pusaka, merupakan program tren nasional yang telah diusahakan oleh bupati. Saat ini sudah ada siswa 10 orang, mereka merupakan siswa dari kawasan hutan TNBBS dan HPT, sehingga  mereka saat ini dalam pembinaan Pemkab Kaur melalui Dispenbud Kaur.

  \"Makanya ini merupakan warisan pendidikan yang yang wajib dilakukan oleh pemerintah,  sehingga hak pendidikan anak yang terputus bisa kembali diangkat dan diselamatkan. Inilah cita- cita pemerintah yang mulia. Hal ini Kabupaten Kaur nantinya akan menjadi contoh bagi daerah  lainya,\" jelasnya.

Dikatakanya, program tersebut merupakan pola pendidikan terbaru dari Kemendikbud. Mengingat pada sekolah pendidikan layanan khusus ini seluruh siswa diasramakan dengan biaya sepenuhnya dari pemerintah. Makanya pendidikan layanan khusus  menjadi perhatian serius pemerintah dan seluruh kalangan untuk memberikan pendidikan yang adil dan merata.

\"Karena saat ini siswa dalam kategori luar biasa memiliki kesamaan hak untuk mendapatkan pendidikan seperti halnya siswa normal biasanya. Makanya kita berikan pelayanan seluas-luasnya terhadap anak-anak berkebutuhan pendidikan khusus,\" jelasnya.

Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah Spd mengatakan dengan adanya pembangunan ini maka masyarakat Kaur tidak perlu khawatir untuk sekolahkan anak-anaknya. Sekolah ini diperuntukan khusus   masyarakat di kawasan hutan baik TNBBS, Hutan  Lindung dan HPT, juga diberikan kepada siswa yang berkelaianan. \"Hal ini akan membantu masyarakat kaur bagi mereka yang kekurangan dan juga anak-anak yang  berada dikawasan hutan akan kita faslitasi dengan baik,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: