Biaya Hidup Lebong Tinggi

Biaya Hidup Lebong Tinggi

Nomor 2 se-Provinsi Bengkulu

LEBONG, Bsengkulu Ekspres - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Lebong, diketahui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Lebong, akan biaya hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tertinggi dibandingkan dengan 8 Kabupaten dan dibawa Kota Bengkulu.

Berdasarkan data yang didapat dari BPS Lebong, untuk perbandingan biaya hidup dalam memenuhi kebutuhan bisa dilihat pada kisaran harga Rp 10.682 rupiah di Kabupaten Lebong, bisa didapat di Kabupaten lain dibawa harga tersebut. Seperti bisa didapat dengan harga Rp 9.044 di Kabupate Bengkulu Selatan, Rp 9.520 di Rejang Lebong, Rp 9.566 rupiah di Kabupate Bengkulu Utara.

Bahkan dari harga Produk yang ada di Kabupaten Lebong dengan harga Rp 10.682 rupiah, bisa didapat dengan lebih murah di Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah dengan harga masing-masing Rp 8.701 rupiah dan Rp 8.42 rupiah. Bahkan bisa semakin murah lagi jika membeli di Kabupaten Kaur dan Seluma yang bisa didapat dengan harga Rp 7.842 rupiah dan Rp 7.335 rupiah.

Tingginya pengeluaran di suatu daerah atau Kabupaten sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor seperti pertumbuhan ekonomi, ketimpangan wilayah yang bisa dilihat dari sumber daya, tenaga kerja dan teknologi bahkan giografis wilayah suatu daerah serta faktor yang lainnya.

Kepala BPS Kabupaten Lebong Ir Sriwiyana Teguh Ananto MSi, mengatakan survei dalam pengeluaran dihitung per kapita per hari yang di proxsi dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Dimana data Susenas dibuat sesuai dengan paritas daya beli, sehingga angkanya sebanding di setiap daerah.

\"Ini untuk menunjukan tingkat harga dalam memperoleh barang yang sama dari masing-masing daerah,\" jelasnya, kemarin.

Dimana, biaya hidup untuk di Kabupaten Lebong saat ini sendiri memang lebih tinggi dari pada biaya hidup di Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Namun bila dibandingkan biaya hidup di Kota Bengkulu, Lebong bisa dikatakan lebih rendah, dimana untuk Kota Bengkulu dengar harga Rp 12.698 rupiah.

\"Bisa dikatakan untuk biaya hidup di Kabupaten Lebong tertingi nomor dua di Provinsi Bengkulu,\" sampainya Dengan demikian, maka rata-rata biaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat se Provinsi Bengkulu dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari, baru bisa didapat dengan memiliki uang sebesar Rp 9.492 rupiah.

\"Jadi bisa dikatakan bahwa masyarakat harus memiliki uang lebih kurang Rp 10 ribu, untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari,\" tuturnya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: