Kesultanan Demak Bangun Istana di RL

Kesultanan Demak Bangun Istana di RL

Bupati Diberi Gelar Kanjeng Pangeran Haryo Projonegoro

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Rejang Lebong, Kesultanan Demak berencana akan membangun istananya di Kabupaten Rejang Lebong. \"Saya baru saja pulang dari Kesultanan Demak, dan mereka juga berencana anak membangun istana di Rejang Lebong ini,\" ungkap Bupati Rejang Lebong DR (HC) H Ahmad Hijazi SH MSi, saat ditemui wartawan, Senin (5/3) kemarin.

Dijelaskan bupati, keinginan Kesultanan Demak membangun istana di Rejang Lebong tak lepas dari hubungan emosional yang dimiliki masyarakat Sumatera khususnya Rejang Lebong dengan Kesultanan Demak. Dimana menurut bupati, hubungan emosional tersebut ada karena dulunya Sumatera terkenal dengan Kerajaan Sriwijaya, sehingga masyarakat Sumatera adalah masyarakat Sriwijaya termasuk Rejang Lebong.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, kedatangannya ke Keraton Glagah Wangi Dhimak tak hanya sendiri, namun bersamaan dengan sejumlah Sultan dari Malaysia. Bahkan dalam kesempatan tersebut, bupati mendapat gelar dari Kesultanan Demak yaitu Kanjeng Pangeran Haryo Projonegoro.

Dimana gelar tersebut sudah diterima Hijazi sejak tahun 2008 lalu, kemudian dikukuhkan kembali pada 1 Maret kemarin, serta diberi sertifikat yang diberikan langsung oleh Sultan Demak saat ini Raden Sumito atau Duli Yang Maha Mulia Sri Sultan Suryo Alam Joyokusumo.

Dengan diberi gelar adat tersebut, bupati mengaku hal tersebut semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Rejang Lebong sendiri, bukan untuk berbangga diri, karena bila untuk berbangga diri, ia takut malah menjadikannya lupa diri.

Dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Rejang Lebong tersebut, menurut bupati pada HUT Kota Curup mendatang, para Sultan dari Malaysia yang hadir di Keraton Demak kemarin akan datang khusus ke Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurutnya mereka nanti akan menanamkan investasinya di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Oleh karena itu, saya harap seluruh OPD terkait untuk menyiapkan semuanya untuk kedatangan para Sultan dari Malaysia ini, terutama mengenai potensi yang ada di Rejang Lebong ini,\" sampai bupati. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: