Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Melebihi Target

Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Melebihi Target

CURUP, Bengkulu Ekspress - Realisasi cakupan akta kelahiran di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 lalu telah melebihi target yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri. Dimana pada tahun 2017 lalu realisasi cakupan akte kelahiran mencapai 88,37 persen.

\"Tahun 2017 lalu, realisasi cakupan akta kelahiran kita melebihi target yang ditetapkan Kemendagri yaitu sebesar 85 persen,dimana capaian kita mencapai 88,37 persen,\" terang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong, H Bakrim SH.

Dijelaskan Bakrim, pada tahun 2017 lalu target cakupan kepemilikan akta kelahiran usia 0 sampai 18 tahun di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 87.051 jiwa. Kemudian realisasi kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2017 lalu sebanyak 76.925 orang atau sebesar 88,35 persen dari target yang telah ditetapkan.

Namun menurut Bakrim, meskipun target cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Rejang Lebong melebihi target, namun untuk target perekaman KTP di Kabupaten Rejang Lebong tidak mencapai target yang telah ditentukan oleh Kemendagri yaitu sebesar 100 persen dari jumlah wajib KTP yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 198.266 jiwa.

\"Untuk realisasi perekaman KTP-el kita memang tidak mencapai 100 persen seperti yang ditargetkan oleh Kemendagri, namun sudah mencapai 86 persen,\" tambah Bakrim.

Kemudian menurut Bakrim, untuk sisanya akan mereka selesaikan tahun 2018 ini. Dimana ia menargetkan tahun 2018 ini seluruh masyarakat Rejang Lebong sudah melakukan perekaman KTP-el.

Dalam kesempatan tersebut, Bakrim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Rejang Lebong untuk tertib administrasi kependudukan, mulai dari KTP-El, akta kelahiran hingga akta kematian keluarga. Dimana menurutnya pelayanan tersebut saat ini sudah diberikan oleh Dukcapil Rejang Lebong secara gratis, sehingga tidak ada alasan lagi masyarakat untuk tidak tertib administrasi kependudukan. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: