Calon PPS Tes Wawancara

Calon PPS Tes Wawancara

BENTENG, BENGKULU EKSPRESS - Setelah melewati seleksi tes tertulis beberapa hari lalu, ratusan calon panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan kembali diuji, yakni tes wawancara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng terpaksa membagi waktu pelaksanaan tes wawancara, yakni pada hari Rabu (28/2) kemarin dan pada hari Kamis (29/20 hari ini.

Komisioner KPU Kabupaten Benteng Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Drs BJ Karneli mengungkapkan, akan ada ratusan calon PPS dari 5 (lima) kecamatan yang diuji setiap hari.

Yakni Kecamatan Bang Haji, Taba Penanjung, Karang Tinggi, Pematang Tiga, Pagar Jati dan Kecamatan Merigi Sakti pada hari Rabu. Sedangkan, calon PPS yang berasal dari Kecamatan Merigi Kelindang, Pondok Kelapa, Pondok Kubang dan Kecamatan Talang Empat akan menjalani tes wawancara pada hari Kamis (hari ini,red). \"Tes wawancara akan dilaksanakan selama 2 hari, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB,\" jelasnya.

Melalui seleksi wawancara, sambung BJ Karneli, pihaknya akan memberikan penilaian secara langsung terhadap para calon peserta. Dimulai dari pemahaman tentang penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) serta tentang kewilayahan. \"Tujuan tes wawancara adalah untuk mencari calon PPS yang memang benar-benar memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sebenarnya. Sehingga, penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2018 mendatang bisa berjalan lancar dan sesuai harapan,\" tandasnya. Mendapatkan PPS yang bermutu, BJ Karneli mengatakan bahwa panitia seleksi sudah melakukan beberapa tahapan. Dimulai dari seleksi administrasi dan seleksi tes tertulis.

Pada tes tertulis beberapa waktu lalu, sebanyak 50 butir soal disiapkan untuk mengukur pengetahuan peserta yang diberi waktu selama 60 menit. Baik itu tentang Pancasila, ilmu tentang pemilu serta ilmu tentang pengetahuan umum.

\"Dalam seleksi tes tertulis, sebanyak 200 calon PPS digugurkan, baik karena tak hadir ataupun capaian nilai yang rendah. Selanjutnya, dalam seleksi tes wawancara, KPU akan mengambil 3 orang peserta terbaik untuk dilantik menjadi PPS. Secara keseluruhan, akan ada sebanyak 429 orang PPS untuk 143 desa/kelurahan yang ada,\" tutup BJ Karneli.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: