Ini Harapan Sederhana Damkar Di Ulang Tahunnya Yang Ke 99

Ini Harapan Sederhana Damkar Di Ulang Tahunnya Yang Ke 99

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Bertepatan dengan HUT Pemadam Kebakaran yang ke 99 tahun, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bengkulu hari ini Kamis (01/03/18) mengikuti upacara peringatan ulang tahunnya di halaman Kantor Walikota Bengkulu. Uniknya, tak hanya upacara, para personel Damkar juga memamerkan sejumlah atraksi pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Tradisional (APAR) dengan melibatkan para pejabat di lingkungan Pemda Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Saipul Apandi menuturkan, atraksi pemadaman api yang ditampilkan pagi ini sebenarnya adalah keterampilan dasar yang wajib dimiliki seluruh personel Damkar. Dan atraksi ini ditampilkan juga untuk memberikan contoh tindakan penyelamatan pertama yang dapat dilakukan oleh masyarakat jika terjadi insiden kebakaran, sebab alat-alat yang digunakan adalah alat-alat yang pasti ada di rumah masing-masing.

\"Atraksi yang dilakukan ini adalah keterampilan dasar yang memang wajib dimiliki semua personel, nah alat-alat pemadam tradisional juga kan sangat mudah ditemukan di rumah masing-masing. Seperti handuk tebal, di rumah pasti ada handuk yang bisa digunakan sebagai penanganan pertama jika ada kebakaran di rumah,\" jelas Saipul.

Namun terlepas dari segala meriahnya rangkaian acara yang digelar dalam HUT Damkar tahun ini, ada beberapa hal yang masih dirasa kurang oleh pihak damkar. Dalam kesempatan itu, Saipul Apandi mengungkapkan pengharapan mereka di ulang tahunnya yang ke 99 tahun ini.

\"Kami berharap Pemerintah bisa memberikan perhatian lebih terutama terkait masalah pengadaan peralatan, karena peralatan yang ada saat ini semuanya sudah tua, yang paling muda itu pengadaan tahun 2008, bahkan ada yang pengadaan tahun 1998. Armada juga kita harapkan ada penambahan setidaknya ditambah 2 unit lagi, karena dari total 14 unit armada yang ada saat ini, 3 unit kondisinya rusak parah,\" jelas Saipul. (ibe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: