5 Potensi SDA Terpendam

5 Potensi SDA Terpendam

\"galianTAIS, BE-Sumber daya alam (SDA) yang bersar di Kabupaten Seluma belum seluruhnya dapat dimanfaatkan. Setidaknya, 5 potensi yang masih terpendam; Geotermal atau panas bumi, Bentomin Cair atau minyak bumi, potensi penghasil semen, pasir besi dan aliran sungai yang bisa digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). “Saat ini SDA tersebut masih menunggu investor yang berminat mengelolanya.Karena SDA tersebut masih seakan terabaikan,” kata Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Seluma, Drs Rusdi Arifin melalui Sekretaris Dinas, Ir Riduan Sabrin.

Diterangkannya, potensi Geotermal terdapat di wilayah Kecamatan Ulu Talo dan Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara. Rembesan Betomin Cair terdapat di Desa Padang Capo Ilir Kecamatan Lubuk Sandi. Batu gamping ada di Ulu Talo, Seluma Utara dan Semidang Alas (SA). Aliran sungai yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi PLTA skala kecil, terdapat di sungai Talo, Air Alas, Air Seluma, Air Tungkai, Air Nelas dan Air Sindur.

“Geotermal ini bisa bermanfaat untuk energy listrik. Tapi, sampai kini belum ada yang melakukan penelitian dari Pemda maupun swasta ke wilayah yang bepotensi itu. Sedangkan sungai-sungai yang ada memiliki potensi menghasilkan listrik 10 hingga 20 megawatt, itu bisa mencukupi kebutuhan listrik di kabupaten ini,” katanya.

Dikatakan Ridwan, sejauh ini pihaknya hanya mengharapkan adanya investor yang tertarik untuk mengelola potensi SDA tersebut. Pasalnya, Pemkab sendiri disadari belum mampu melakukan pengelolaan sendiri. “Kita belum didukung teknologi dan keuangan yang cukup untuk melakukan pengelolaan sendiri. Karena itu ita mengharapkan adanya investor,”demikian Riduan.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: