Mahir Operasikan Komputer

Mahir Operasikan Komputer

\"KeterbatasanLAIS, BE - Nurhidayat (18) yang biasa disapa Yayat ini memiliki cacat fisik dan keterbelakangan mental sejak kecil. Putra pertama pasangan Munawir (45) dan Evi Silviani (42) ini tidak pernah mengenyam pendidikan dan kesehariannya hanya dihabiskan di kursi roda. Walaupun memiliki sejumlah keterbatasan, namun Yayat memiliki keahlian seperti layaknya orang normal lainnya.

Satu tahun belakangan ini pemuda itu  mampu mengoperasikan komputer dan internet yang tidak pernah diajarkan siapapun. Pemuda itu belajar komputer secara otodidak. \"Awalnya dia hanya melihat adiknya mengoperasikan komputer. Akhirnya ia mencoba sendiri tanpa diajari dan saat ini sudah bisa mengopersikan komputer dan bermain internet sendiri,\" ujar Munawir.

Mengetahui keahlian anaknya, kedua orang tuanya memberikan dukungan menambah peralatan komputer untuk mengasah kemampuan Yayat. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan pemuda yang memiliki keterbatasan itu.\"Bisa berjam-jam jika sudah di depan komputer. Sepertinya dia menemukan kesenangan dengan hal itu,\" papar ayah 5 anak ini.

Potensi yang dimiliki itu bisa meningkatan kemampuannya dibidang teknologi informasi. Selain itu, orang tua berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk mengarahkan kemampuan yang dimiliki oleh Yayat.\"Keahliannya masih banyak perlu diasah. Jika kondisinya normal, mungkin saat ini dia sangat mahir di bidang ini,\" tukasnya.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: