PKS Ogah Ajak Penumpang Luar

PKS Ogah Ajak Penumpang Luar

\"FOTOBENGKULU, BE - Kebanyakan partai politik membuka kesempatan bagi non kader atau penumpang luar untuk dicalon pada Pemiu Legislatif 2014 mendatang, namun hal tersebut tidak berlaku bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai dakwah ini memiliki aturan dan mekanisme sendiri, hanya memberikan kesempatan kepada kader yang dianggap layak mengemban amanah sebagai wakil rakyat di DPRD kabupaten/kota, provinsi atau pun di DPR RI.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS) Provinsi Bengkulu, Dedi Haryono ST mengatakan partainya telah lama melakukan penjaringan daftar nama bakal calon (balon) legislatif dari internal. Kini balon tersebut telah dikirim ke DPP PKS untuk ditindaklanjuti. \"Kita tinggal menunggu rekomendasi dari DPP. Karena daftar nama dan rekam jejak balon semuanya sudah kita sampaikan ke DPP,\" kata Dedi, kemarin (27/1).

Menurut Dedi, PKS ketentun caleg berasal dari kader tersebut merupakan aturan baku di dalam organisasi partainya. Selain itu, kondisi jumlah kader yang jauh melebihi kebutuhan jumlah caleg itu menjadikan pengurus PKS menganggap tak perlu lagi membuka pendaftaran caleg seperti partai lain minim kader.

Lebih lanjut, dikatakannya, daftar nama caleg PKS diperkirakan akan turun dari DPP April mendatang, seiring dengan jadwal tahapan pemilu yang dilaksanakan KPU. Sementara itu, terkait istilah celeg incumbent  atau anggota DPRD yang sedang menjabat yang dicalonkan lagi, Dedi menegaskan partainya tak langsung otomatis mencalonkan anggota dewan yang kini menjabat.

\"Kami akan mengevaluasinya. Raportnya akan kita lihat, kalau nilainya baik akan dicalonkan lagi, tetapi kalau jelek tidak dicalonkan lagi,\" paparnya. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: