Tiga BTS dan 7 Akses Internet

Tiga BTS dan 7 Akses Internet

TAIS, Bengkulu Ekspress - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan Kabupaten Seluma terbebas dari daerah tidak mendapat sinyal ( blank spots) pada 2018. Terkait hal itu Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) mendirikan 3 titik Base Transceiver Station (BTS), serta 7 akses internet guna penunjang pelayanan online.
“Alhamdulillah sejumlah usulan kita ditahun ini diterima sehingga tahun 2018 ini tinggal pelaksanaan saja lagi. Berupa pemasangan 3 titik BTS dan 7 Akses internet,” ujar Kepala Dinas Kominfo Seluma H Hendarsyah SIP MT kepada Bengkulu Ekspress kemarin (9/10) di ruang kerjanya.
Dijelaskan, pendirian 3 BTS tersebut bagian dari program kementerian khusus bagi daerah. Kementerian memprioritaskan daerah terpencil, terisolir dan terbelakang (3T). Kabupaten Seluma dinilai salah satu daerah 3 T tersebut. Sedangkan untuk akses internet tersebut 7 akses internet dan 3 titik lagi berada di Enggano.
“Untuk lokasi 3 BTS yang akan dipasang sejauh ini masih menunggu tim survey dari kementerian. Hanya saja, lahan dan lokasi harus disediakan atau dihibahkan. Sejauh ini sejumlah kawasan yang akan dipasang ini sudah menyediakan lahannya,” sampainya.
Pemasangan 7 akses internet difokuskan di Puskesmas di Kabupaten Seluma. Puskesmas itu dipilih karena diharuskan sudah melayani peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS). Saat ini puskesmas juga dituntut untuk memiliki internet untuk pelayanan online seperti dalam penggunaan BPJS.
“Untuk daerah dan puskesmas mana masih menunggu petunjuk dan penetapan terlebih dahulu,”imbuhnya singkat.
Hendarsyah menambahkan, dari 61 titik yang diharuskan memiliki akses internet baik itu organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kecamatan. Hanya meninggalkan beberapa titik saja yang belum bisa diakses dengan internet. Setelah tidak mampu melalui fiber optik sehingga pihak ketiga mengupayakan dengan menggunakan fasilitas mango sky.
“Memang hanya dua titik saya yang belum bisa di akses fiber optik sehingga menggunakan mango sky agar internet bisa diakses di dua titik kecamatan ini,”sampainya.
Menurutnya, internet ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan secara online. Dimana ini bagian dari upaya Seluma menuju E-Goverment yang di haruskan setiap kabupaten kota.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: