Dol Berpotensi Masuk Daftar Alat Musik Nasional

Dol Berpotensi Masuk Daftar Alat Musik Nasional

\"Rohidin\"BENGKULU, bengkuluekspress.com - Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menilai Dol yang merupakan alat musik khas Provinsi Bengkulu memiliki potensi yang besar untuk masuk dalam daftar alat musik nasional. Jika itu terwujud maka akan berimbas dengan terangkatnya nama Bengkulu di nasional dan internasional.

\"Potensi itu bisa saja diwujudkan, karena saat ini alat musik Dol sudah beberapa kali tampil dalam even-even berskala nasional. Dimana saat tampil, selalu mendapatkan standing applause dari pihak-pihak yang menyaksikan pertunjukan alat musik Dol,\" ungkap Rohidin.

Hanya saja, lanjut Rohidin, hingga saat ini Dol belum masuk dalam daftar sebagai salah satu alat musik nasional. Untuk itulah pihaknya berharap dukungan dari semua pihak.

\"Apalagi kedepan alat musik Dol ini akan diteliti ilmuan dari Korea dan Jepang, karena terdapat keunikan yang dimiliki alat musik tersebut,\" katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Dewi Coryati turut mendorong agar alat musik Dol masuk dalam daftar alat musik nasional.

\"Sejauh ini berbagai upaya sudah dilakukan, dan tidak bisa dipungkiri jika saat ini Dol sudah cukup dikenal secara luas. Meskipun demikian kita menargetkan kedepan harus masuk daftar alat musik nasional,\" ujarnya.

Dengan keberadaan alat musik Dol kedepan berdampak terhadap pengenalan nama Bengkulu.

\"Baik ditingkat nasional, bahkan juga internasional. Yang jelas saya yang merupakan anggota DPR RI Dapil Bengkulu pasti akan mendorong dan turut memperjuangkan potensi tersebut,\" ungkap Dewi. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: