Bayi Malang Ditangani Dinsos PMD

Bayi Malang Ditangani Dinsos PMD

\"Bayi\"

CURUP, BENGKULU EKSPRESS - Setelah sebelumnya sempat mendapat perawatan medis di RSUD Curup, saat ini bayi malang yang ditemukan 5 Agustus lalu sudah diserahkan oleh pihak RSUD Curup ke Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong.

\"Untuk bayi yang ditemukan beberapa waktu lalu, saat ini sudah kita serahkan ke Dinas Sosial,\" terang Kabid Pelayanan RSUD Curup Honey Ernita Jumat (25/8) kemarin.

Menurut Honey, dirawatnya sanga bayi malang di RSUD Curup beberapa waktu lalu bukan karena sakit, melainkan untuk menjaga kesehatan sang bayi agar siap diasuh oleh pengasuh sementara sebelum ditunjuk orang tua asuhnya. Meskipun saat ini sudah tidak dirawat di RSUD Curup lagi, namun saat ini kondisinya sehat.

\"Hingga saat ini kondisi anak masih tetap sehat,\" tambah Honey

Sementara itu, Kepala Dinsos PMD Kabupaten Rejang Lebong, Drs Darmansyah MM melalui Sekretaris Dinas Achmed Khalid Saat dikonfirmasi membenarkan bahwa bayi malang tersebut telah diserahkan pihak RSUD Curup kepada Dinsos PMD Kabupaten Rejang Lebong.

\"Saat ini bayi yang ditemukan pada awal Agustus lalu sudah diserahkan pihak RSUD Curup kepada Dinsos PMD,\" jelas Achmed.

Untuk yang merawat sang bayi sendiri, menurut Achmed saat ini dipercayakan pada pendamping sosial Kementrian Sosial yakni Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) kabupaten Rejang Lebong hingga nantinya terdapat orang tua asuh sang bayi.

Sementara itu untuk yang akan mengasuh atau mengadopsi sang anak, menurut Achmed hingga saat ini belum ditentukan siapa yang akan mengadopsinya, karena pihaknya masih menunggu perkembangan terkait dengan orang tua dari bayi tersebut. Karena menurut Achmed tidak menutup kemungkinan orang tua sang bayi diketahui, kemudian mereka akan mengambil lagi anak mereka.

Disisi lain, sembari menunggu terungkapnya orang tua sang bayi, pihaknya tidak lagi pendaftaran bagi siapa yang bersedia untuk mengadopsi sang bayi, karena menurut Achmed sudah cukup banyak yang mendaftar.

Namun menurutnya meskipun pendaftar untuk yang mengadopsi anak tersebut cukup banyak, namun dari hasil seleksi yang mereka lakukan ada 12 orang yang dinyatakan memenuhi kriteria untuk mengadopsi, yang nantinya akan diseleksi ulang untuk mencari siapa yang benar-benar layak mengadopsi bayi tersebut.

\"dari puluhan orang yang mendaftar untuk mengadopsi anak tersebut, kita sudah menentukan 12 orang yang layak dan akan kita seleksi ulang bila memang nanti tidak ketemua orang tuanya,\" demikian Achmed.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: