Peserta BPJS Kesehatan Capai 497.968 Jiwa

Peserta BPJS Kesehatan Capai 497.968 Jiwa

CURUP, Bengkulu Ekspress - Sejak berdirinya BPJS Kesehatan tahun 2014 lalu. Hingga semester pertama tahun 2017 ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan yang berada diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup sudah mencapai 497.968 Jiwa.

\"Hingga saat ini sudah ada 497.968 jiwa yang menjadi anggota BPJS Kesehatan Cabang Curup,\" ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara saat menggelar jumpa pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup, Selasa (22/8) kemarin.

Menurut Imam, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup tersebut berada di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Utara, Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong. Lebih lanjut ia menjelaskan sebanyak 497.968 Jiwa peserta BPJS cabang Curup ini termasuk peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan program JKN-KIS oleh pemerintah daerah kabupaten Rejang Lebong melalui program Jamkesda sebanyak 16.467 jiwa.

Kemudian, pemerintah daerah Kabupaten Kepahiang melalui program Jamkesda sebanyak 8.280 jiwa, kemudian Jamkesda Kabupaten Lebong sebanyak 16.260 jiwa dan Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 1.861 jiwa.

Masih menurut Imam, untuk mempermudah peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan dalam memperoleh layanan kesehatan saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Curup telah bekerjasama dengan 112 fasilitas kesehatan tingkat pertama yang terdiri atas 70 Puskesmas, 30 dokter praktek perorangan, 3 dokter praktek gigi perorangan, dua klinik pratama dan 7 klinik TNI/POLRI.

\"Kita juga bekerjasama dengan 6 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, terdiri atas 6 rumah sakit, 4 apotek PRB dan 4 apotek obat kronis serta 2 optik,\" terang Imam.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan sebagai inovasi dan terobosan, kata Imam, terus dilakukan untuk dapat memenuhi target. Salah satunya dengan mempermudah proses pendaftaran bagi calon peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Kemudahan yang mereka berikan tersebut seperti pendaftaran bisa melaluui kantor canbang BPJS Kesehatan kantor layanan operasional kabupaten kota, website, dan bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan, sekarang bisa mendaftar di BPJS kesehatan Care center 1500-400.

\"Kita juga melakukan pengembangan pendaftaran melalui Dropbox di kantor cabang BPJS kesehatan, kantor kelurahan, kecamatan, Kader JKN serta, aplikasi mobile JKN bisa juga melalui PPOB atau mitra kerja BPJS,\" jelas Imam.

Dengan adanya kemudahan yang diberikan tersebut, imam berharap bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses BPJS Kesehatan, sehingga cakupan semesta tahun 2019 mendatang. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: