BRI Curup Salurkan Dana PKH

BRI Curup Salurkan Dana PKH

CURUP, Bengkulu Ekspress - Guna mensukseskan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), saat ini BRI Kanca Curup sudah menyalurkan dana PKH kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Rejang Lebong. Penyaluran dana dari PKH tersebut, seperti yang dilaksanakan pada Senin (31/7) kemarin di aula Kecamatan Padang Ulak Tanding. Penyerahan dana PKH secara simbolis tersebut dilakukan langsung oleh Pemimpin Cabang BRI Kanca Curup, Teguh Rahadian bersama Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD), Drs Darmansyah MM dan Camat Padang Ulak Tanding, Rosita M, SH.

Dalam sambutannya, Pinca BRI Curup, Teguh Rahadian menjelaskan, penyaluran dana PKH melalui perbankan ini sudah dimulai sejak Bulan Juli lalu, dimana menurutnya sebelumnya dilakukan secara tunai melalui kantor pos. Dipindahkannya penyaluran dana PKH melalui perbankan ini sendiri, menurut Teguh tak lain merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengenalkan dunia perbankan kepada masyarakat Indonesia. Dimana menurutnya dengan harapan setelah KPM menerima bantuan tidak semuanya habis namun bisa ditabung untuk kebutuhan mereka selanjutnya.

\"Pembayaran PKH melalui perbankan atau BRI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengenalkan dunia perbankan kepada masyarakat,\" terang Teguh. Dalam proses penyaluran dana PKH ini, menurut Teguh KPM akan diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dimana menurutnya KKS tersebut bisa berfungsi sebagai kartu ATM dari si penerima kartu, selain itu dengan kartu tersebut, nantinya juga bisa digunakan untuk menerima bantuan pemerintah pusat dalam hal pengentasan kemiskinan.

\"Karena kartu keluarga sejahtera ini merupakan kartu ATM, saya harap penerima tidak memberikan nomor pinnya kepada siapapun,\" pesan Teguh. Sementara itu, untuk penyaluran dana PKH ini sendiri, menurut teguh saat ini BRI Kanca Curup akan menyalurkan dana PKH untuk 3.281 KPM dan khusus untuk Kecamatan Padang Ulak Tanding ada sebanyak 2.043 KPM. Selain itu, Teguh juga mengungkapkan sebelumnya BRI Kanca Curup juga telah menyalurkan dana PKH kepada 2.672 KPM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Drs Darmansyah MM dalam sambutannya mengajak masyarakat yang menerima dana PKH untuk bersyukur karena pemerintah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat yang kurang mampu.

\"Kami berharap, bantuan ini benar-benar diterima oleh mereka yang berhak,\" harap Darmansyah. Menurut Darmansyah, daftar penerima dana PKH ini akan terus dilakukan evalusi oleh petugas PKH yang ada di lapangan. Dimana menurut Darmansyah, bisa nanti ada penerima dana PKH ini tingkat perekonomian keluarganya meningkat, maka ia akan dicoret dan akan diberikan kepada yang layak menerima lainnya. Karena menurut Darmansyah, sesuai dengan tujuan dari PKH ini untuk mengentaskan kemiskinan, sehingga siapa yang sudah keluar dari garis kemiskinan tidak layak untuk mendapatkannya lagi.

\"Tahun depan akan dilakukan pendataan ulang, oleh karena itu, bila ada yang dicoret jangan keberatan,\" pesan Darmansyah. Dalam kesempatan tersebut, Darmansyah juga mengajak masyarakat Rejang Lebong yang mendapat dana PKH, bila nanti mereka merasa sudah tidak layak lagi mendapat bantuan PKH tersebut, untuk segera melapor kepada petugas agar bisa dilakukan perubahan data, dan bantuan yang diterimanya tersebut bisa diberikan kepada orang lain.

\"Saya harap kartu KKS ini, jangan sampai hilang dan pinnya diketahui oleh lain, karena selain untuk menerima bantuan PKH, KKS ini juga akan digunakan untuk mendapat bantuan dari pemerintah lainnya yang akan mulai digulirkan tahun depan,\" terang Darmansyah. Dalam kesempatan tersebut, Darmansyah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada BRI Kanca Curup, yang telah membantu pemerintah dalam hal penyaluran PKH di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga menurutnya masyarakat bisa menikmati dana dari bantuan PKH tersebut.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: