DD Bangun Sumur Bor

DD Bangun Sumur Bor

KARANG TINGGI, Bengkulu Ekspress - Mengoptimalkan dana desa (DD) bantuan dari pemerintah pusat tahun 2017 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kancing, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah melakukan musyawarah desa. Alhasil, sesuai dengan kesepakatan bersama, kucuran DD akan dialihkan untuk pembangunan sumur bor yang memang sudah lama dibutuhkan oleh masyarakat.

\"Pada tahun 2017 ini, kami menggunakan DD untuk membuat sumur bor untuk masyarakat,\" ungkap Kepala Desa (Kades) Kancing, Ikhsan. Sesuai dengan mufakat, lanjutnya, sumur bor dibangun di 5 (lima) lokasi. Yakni 2 unit di Dusun I, 2 unit di Dusun II dan 1 unit di Dusun III.

\"Selama ini masyarakat Desa Kancing selalu kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau. Akibatnya, warga terpaksa mengambil air Sungai Bengkulu yang kebersihannya tidak lagi terjamin. Dengan adanya sumur bor ini, diharapkan kebutuhan air untuk masyarakat bisa terpenuhi,\" ujarnya. Dikatakan Ikhsan, setelah adanya sumur bor, pihaknya akan mengatur regulasi atau mekanisme pemanfaatannya. Sehingga, keberadaan sumur bor memberikan manfaat secara adil dan merata.

\"Untuk pembayaran listrik, nantinya akan kita atur. Bagi masyarakat yang menggunakannya, silahkan bersama-sama iuran,\" imbuh Ikhsan. Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa pada tahun 2017 ini pihaknya mendapatkan kucuran DD sebesar Rp 700 juta. Selain membangun sumur bor, dana itu juga akan pembangunan rabat beton jalan usaha tani (JUT) sepanjang 2,861 meter yang berlokasi di Dusun II, perluasan jalan/gang desa sepanjang 126 meter serta pematangan lahan kosong.

\"Pada tahun ini, kami juga menggelontorkan dana untuk biaya pematangan lahan. Ini nantinya akan kita jadikan tempat untuk gedung BUMDes,\" demikian Ikhsan.(135)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: