KPPN Dianugerahi Sertifikat ISO

KPPN Dianugerahi Sertifikat ISO

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu menunjukkan prestasinya dalam melayani masyarakat secara transparan, cepat, dan tanpa biaya. Tahun ini, KPPN Bengkulu menjadi KPPN pertama yang ditetapkan berstandar ISO 9001:2008 dan menandakan bahwa KPPN Bengkulu telah menerapkan standar internasional untuk seluruh pelayanan kepada mitra kerjanya. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bengkulu, Rinardi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, KPPN Bengkulu adalah KPPN pertama yang ditetapkan berstandar ISO 9001:2008.

\"Standar ISO 9001:2008 menjadi salah satu indikator pemenuhan kinerja terbaik atas pelayanan KPPN selaku instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada stakeholder,\" ujar Rinardi saat penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 di KPPN Bengkulu, kemarin (26/7).

Diungkapkan Rinardi, Sertifikasi ISO 9001:2008 bertujuan untuk menjamin kualitas proses pengelolaan organisasi seperti perencanaan, penerapan, evaluasi dan penyempurnaan yang ditujukan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna/stakeholder.

\"Kami selalu berupaya memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan/pengguna/stakeholder dengan memberikan pelayanan dengan maksimal,\" ungkap Rinardi. Dikatakan Rinardi, hal ini merupakan torehan prestasi yang cukup membanggakan sebagai bentuk apresiasi atas layanan KPPN terhadap stakeholder.

\"Bagi KPPN, kualitas layanan yang diterima pengguna layanan dan stakeholder merupakan salah satu prioritas utama, maka ini adalah torehan prestasi yang cukup baik,\" tutur Rinardi. Bagi Kanwil dan KPPN sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, layanan yang handal dan berkualitas dari KPPN dalam penyaluran dana APBN diharapkan dapat memberi imbas pada peningkatan kondisi masyarakat setempat.

\"Kualitas dan layanan yang aksimal yang kami berikan kami harap dapat memberikan dampak positif bagi amsyarakat,\" terang Rinardi. Dijelaskan Rinardi, Sertifikat ISO 9001: 2008 atas layanan KPPN Bengkulu yang diberikan oleh lembaga sertifikasi melalui ujian yang sangat ketat sejak pertengahan tahun 2016 sampai triwulan 1 tahun 2017.

\"Proses penilaiannya tidak sederhana, mulai dari fasilitas seperti WC, AC, dan tata cara pelayanan kepada pelanggan. Bahkan ukuran tersenyum saja diukur dan dinilai. Penilaian yang dilakukan hampir setara penilaian bank,\" jelas Rinardi. Lebih jauh dijelaskan Rinardi, keberhasilan KPPN Bengkulu meraih sertifikat ISO 9001:2008 tidak lepas dari komitnen yang tinggi dari seluruh pegawai KPPN Bengkulu.

\"Semua pegawai KPPN termasuk seluruh pegawai honorer serta dukungan penuh dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu dalam rangka menjaga kualitas layanan dan berjalannya sistem pengendalian internal yang optimal,\" tambah Rinardi. Dikatakan Rinardi, dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2008 oleh KPPN Bengkulu ini diharapkan bisa dijadikan sebagai contoh dan motivasi bagi instansi pemerintah lainnya di wilayah Provinsi Bengkulu. Baik instansi vertikal pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam memberikan layanan yang terbaik dan terstandar.

\"Semoga bisa memotivasi KKPN/instansi lainnya untuk lebih memberikan pelayanan secara maksimal,\" tukasnya. Sementara itu, Kepala Biro Pembangunan Administrasi Provinsi Bengkulu, Taufiq Adun SE MM menyampaikan rasa kepuasannya terhadap pelayanan di KPPN Bengkulu

\"Pelayanan publik harus dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta maksimal sehingga bisa memberikan kepuasan atas pelayanan yang terstandar,\" ujar Taufiq. Taufiq menambahkan, KPPN Bengkulu layak mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 karena telah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

\"Semoga bisa dicontoh oleh KPPN dan instansi lainnya untuk memperbaiki kualitas pelayanan,\" tukasnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: