Bupati Minta Catin Periksa Kesehatan

Bupati Minta Catin Periksa Kesehatan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mengajak pasangan muda-mudi yang akan menikah terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan diperlukan bagi calon pengantin (Catin) sebelum melaksanakan akad nikah. Tujuannya, agar kedua calon pengantin harus sehat, sehingga melahirkan anak sehat pula dikemudian hari. Ajakan tersebut disampaikan langsung Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM dalam kegiatan talk show yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), pada Selasa (25/07) pagi. Dalam pidato pembukaannya, Bupati mengatakan, bahwa pada saat ini masyarakat umumnya masih menganggap tabu akan pendidikan sex. Hingga terkadang tak peduli dengan pemeriksaan kesehatan jelang pernikahan, padahal kondisi tersebut penting untuk keduanya. Dalam pemeriksaan kesehatan nantinya akan ada penjelasan ahlinya terkait pendidikan sex sanggat penting bagi kehidupan keluarga.

\"Inilah tugas kita memberikan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat akan manfaatnya, agar warga semakin cerdas dan mau melaksanakan ketentuan yang sudah disampaikan pemerintah,\" tegas Bupati. Hidayatullah juga mengingatkan, agar catin harus melakukan persiapan-persiapan jelang nikah. Terutama memeriksa kesehatan dan deteksi dini dengan melakukan suntikan tetanus toxoid kepada pengantin perempuan.

\"Hal itu untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di kemudian hari. Calon penganti juga diberikan pemahaman Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), dan arahan dari Kantor Urusan Agama,\" tegas Hidayatullah. Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Elva Hartati SIP MM sangat mendukung program peningkatan repreduksi bagi calon pengantin di Kabupaten Kepahiang. Ia mengatakan, bila kedua calon pengantin harus sehat, karena mereka akan melahirkan genarasi masa depan yang harus sehat pula. Tujuannya, akan ada regenerasi pemimpin masa depan yang cerah.

\"Maka dari itu bayi yang dilahir harus sehat, apa yang terjadi jika nantinya tidak sehat,\" tegas politisi PDI Perjuangan ini. Selain Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H Herwan Antoni SKM MKes MM, Kabupaten Kepahiang akan siap untuk dijadikan kabupaten sehat. Dia mengaku akan memasukan nama Kabupaten Kepahiang ke Kementerian Kesehatan sebagai nominasi Kabupaten Sehat 2018. \"Kepahiang sudah siapkan jadi kabupaten sehat, jadi Kepahiang ini sudah layak kita orbitkan ke tingkat nasional, pada tahun 2018 kita ajukan ke pusat,\"janji Herwan.

Terakhir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang Sudarno Kusumo MKes melaporkan sebelum dilakukan acara ini, pihaknya melalui Puskesmas jajaran sudah sering turun ke lapangan dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan persiapan dini para catin.

\"Program ini sudah sering kita sosialisasikan, tetapi belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat,\"singkat Sudarno. Dalam mempermuda program ini Dinas Kesehatan Kepahiang melakukan kerjasama (MoU) dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kepahiang. Mou ditandatangi bersamaan dengan talk show yang digelar, kemarin (25/7). (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: