Kursi Sekda Segera Ditentukan

Kursi Sekda Segera Ditentukan

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress Bupati Bengkulu Utara (BU) Ir Mian bakal segera menentukan 1 dari 4 nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) BU yang layak. Hal ini berdasarkan pertimbangan total keseluruhan nilai yang dalam waktu dekat ini akan disampaikan oleh Panitia Seleksi (Pansel).

‘’Nanti total hasil dari tim Pansel akan diserehkan kepada bupati. Kemudian kewenangan bupati untuk menentukan siapa sekda yang dianggap layak dan memenuhi syarat,’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) BU Dullah SE. Ia menambahkan saat ini masih menunggu hasil tes kompetensi manajerial dari Lembaga Adminstrasi Negara (LAN). Kemudian pansel akan melakukan perekaman nilai. Selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Bengkulu sebagai tembusan.

‘’Masih di LAN. Kalau sudah keluar dari LAN, nilai keseluruhan akan direkap pansel, kemudian diserahkan ke bupati dan gubernur sebagai tembusan,’’ ungkapnya. Ia menyampaikan kewenagan keputusan sekda, sepenuhnya menjadi hak bupati. Sedangkan penyerahan hasil seleksi ke Gubernur hanya sebatas laporan untuk memastikan proses seleksi yang telah dilakukan sesuai aturan yang ditentukan.

‘’Berdasarkan Permenpan Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, hasil seleksi diserehkan kepada Gubernur sebagai laporan. Tapi keputusan tetap ditangan bupati,’’ terangnya. Disinggung kapan pelantikan sekda akan dilakukan, ia menyebutkan tergantung kebijakan dari bupati. Setelah pansel menyerahkan hasilnya seleksi kepada bupati. kemudian menjadi hak prerogatif bupati.

‘’Apakah calon ini dianggap layak atau tidaknya tergantung penilaian dari pak Bupati. Sedangkan tim Pansel telah melakukan tugas proses seleksi sesuai aturan,’’ pungkasnya.Untuk diketahui ada 4 nama yang mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk pengisian kekosongan posisi Sekda BU. Adapun calon itu, yakni Plt Sekda Bengkulu Utara Dr Haryadi SPd MM MSi, Kepala Dinas Perdagangan Ir Siti Qoriah Rosydiana MM, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukinan (PRKP) Agus Hariyanto SE MM dan pejabat fungsional di Dinas Pertanian Kabupaten Kaur Ir Herwan MSi.

Keempat calon ini telah melalui proses seleksi mulai dari berkas administrasi, kompetensi bidang hingga manajerial yang diselenggarakan di Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I (PKP2A I) LAN Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan saat ini pansel masih menunggu hasil dari uji kompetensi manajerial dari PKP2A LAN Bandung, kemudian perekapan hasil seleksi secara keseluruhan dan penyerahan hasilnya kepada bupati untuk penentuan siapa Sekda Bengkulu Utara terpilih.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: