MT II Ditargetkan 2445 Ha

MT II Ditargetkan 2445 Ha

\"DINAS

DINAS Pertanian dan Perikanan (Perkan) Kabupaten Lebong menargetkan untuk musim tanam (MT) kedua di tahun 2017 penanaman padi dapat dilakukan di areal persawahan seluas 2445 hektar yang tersebar di 8 kecamatan. Yakni Kecamatan Lebong Atas dan Pelabai Seluas 742 hektar, Kecamatan Lebong Selatan 233 Hektar, Kecamatan Rimbo Pengadang 311 Heltar, Kecamatan Tapus 459 Hektar, Kecamatan Pinang Belapis 400 Hektar serta Kecamatan Uram Jaya,Amen dan Lebong Utara 300 hektar. Untuk mencapai target tersebut Dinas pertanian dan Perikanan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh petugas penyuluh pertanian lapangan di Aula Setdakab, Rabu (19/07) kemarin. Diungkapkan Kadis Perkan, Emiwati agar target musim tanam kedua ini bisa tercapai maka disetiap kecamatan dibentuk posko terpadu yang terdiri dari unsur TNI, penyuluh dan petugas Dinas Pertanian. \"Posko ini bertugas melakukan identifikasi kepemilikan lahan dan kendala di lapangan, melakukan pendekatan kepada perangkat desa, pemilik lahan, kelompok tani dan petani serta mendorong agar segera melakukan percepatan tanam,\" kata Emi.

Ditambahkan Emi, kendala yang dihadapi untuk mensukseskan musim tanam ke II di tahun 2017 ini yakni rata rata petani di Lebong merupakan penggarap, tidak semua lahan bisa digarap menggunakan alsintan.

\"Kendala lain yang terjadi yakni untuk musim tanam kedua petani enggan untuk turun tanam karena tingginya serangan hama tikus dan kurangnya pupuk terutama NPk ponska dan kurangnya tenaga tanam padi,\" kata Emi. Meski kendala yang dihadapi cukup banyak namun Dinas Pertanian optimis turun tanam kedua bisa berjalan dengan melakukan pendekatan kepada pemilik lahan dan penggarap agar melakukan percepatan tanam.

\"Kita juga menargetkan lahan yang digarap adalah lahan yang mudah diolah menggunakan alsintan dan untuk kendala pupuk akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian Provinsi dan distributor pupuk. Hingga 16 juli 2017 realisai turun tanam kedua sudah ada seluas 408 hektar yakni diwilayah lebong selatan seluas 167 hektar, Lebong sakti 3 Hektar, Lebong Atas 191 hektar serta Pelabai 90 Hektar,\" kata Emi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: