Hari Ini, 160 Cakades Bertarung

Hari Ini, 160 Cakades Bertarung

TAIS, Bengkulu Ekspress - Hari ini (20/7), sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sebanyak 60 desa di Kabupaten Seluma, melaksanakan pemilihan kepala desa serentak. Sedikitnya ada 160 calon kades bertarung memperebutkan posisi kepala desa (Kades) defenitif dalam pilkades ini.

“Hari ini pelaksanaan pilkades untuk 60 desa. Dengan harapan pelaksanaan pilkades bisa berjalan lancar dan aman,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seluma Zaimi Tuhib MPd melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Arlan Aksa SSos kepada Bengkulu Ekspress kemarin (19/7).

Terkait pelaksanaan pilkades ini, sejumlah panitia pilkades sudah melakukan penjemputan logistik di kecamatan. Bahkan logistik sendiri telah berada di desa masing-masing dengan pengawalan dari petugas kecamatan, kepolisian dan TNI. Pendistribusian logistik tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa terkendala apapun. Di desa pelaksana pilkades sendiri juga sudah disiapkan tenda untuk lokasi pilkades.

Arlan menegaskan kembali, panitia pilkades diminta tegas menjalankan tugasnya. Warga yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) tidak bisa ikut mencoblos dalam pilkades. Sekalipun sudah membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) tetap tidak bisa.

Dari pantuan Bengkulu Ekspress kemarin (19/7), sejumlah personil TNI dan kepolisian sendiri sudah melakukan pengamanan di setiap desa pelaksana pilkades. Bahkan sudah ada yang melakukan pendekatan ke masing-masing masa calon kades, serta menindak lanjuti adanya serangan fajar yang akan dilakukan oleh sejumlah pasangan calon kades yang bersaing dalam pilkades.

“Ini semata-mata agar pilkades ini bisa kondusif dan tidak terjadi permasalahan. Kita tetap melarang adanya serangan fajar. Jika ditemukan maka hal tersebut akan di tangkap dan calon sendiri akan di gugurkan,” imbuhnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: