Sisihkan ADD untuk Rehab Kantor Desa

Sisihkan ADD untuk  Rehab Kantor Desa

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Desa (Pemdes) Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sengaja menyisihkan sebagian alokasi dana desa (ADD) untuk merehab kantor desa.

Kepala Desa (Kades) Kembang Seri, Junaidi menjelaskan, hal ini perlu dilakukan dengan memperhatikan berbagai faktor. Salah satunya dikarenakan kapasitas ruangan kantor desa yang masih kecil.

\"Saya (Kades,red) bersama perangkat sudah menggelar musyawarah dan sepakat untuk menyisihkan uang dari ADD tahun 2016 lalu. Alhamduillah, dengan dana simpanan tersebut kami bisa menambah ruangan baru pada kantor desa,\" ungkap Kades.

Dijelaskan Kades, sesuai dengan ketentuan, ADD yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng tersebut hanya diperuntukan membayar gaji Kades, gaji perangkat serta berbagai keperluan desa lainnya. Seperti pembelian ATK dan operasional kades.

\"Dengan tekat yang kuat, sepanjang tahun 2016 lalu kami berhasil menyisihkan dana senilai Rp 17 juta.

\"Dengan dana tersebut, kami akan membangun dapur kantor desa, WC serta perluasan ruang pelayanan. Bahkan, pengerjaannya pun dilakukan swakelola oleh warga setempat untuk meminimalisir anggaran,\" beber Kades.

Menurut Kades, saat ini kapasitas kantor Desa Kembang Seri memang belum bisa menampung puluhan orang masyarakat. Sebab itulah, pihaknya akan berupaya keras agar peningkatan pelayanan tingkat desa bisa lebih dimaksimalkan.

\"Pelayanan kepada masyarakat akan terus kami tingkatkan. Sebab itulah, keberadaan kantor desa harus diaktifkan dan tak boleh dibiarkan kosong. Para perangkat harus standby di kantor desa setiap hari kerja,\" pungkas Junaidi.(135)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: