Tanki BBM Terjun Bebas ke Jurang

Tanki BBM Terjun Bebas ke Jurang

PUTRI HIJAU, Bengkulu Ekspress- Kecelakaan tunggal kembali terjadi. Kali ini dialami mobil tangki BBM Non Subsidi yang mengangkut Solar Nomor Polisi (Nopol) BD 8469 AU yang dikemudikan Indra Tarmizi (40) warga Kota Bengkulu. Penyebabnya, lantaran truk berisi 10 ribu liter Solar ini tak kuat mendaki tanjakan di ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di tanjakan Mumbang Desa Karya Bakti Kecamatan Marga Saksi Sebelat (MMS). Kemudian mundur ke belakang hingga terjun ke dalam jurang sedalam 10 meter. Beruntung dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa. Hanya saja kondisi kendaraan mengalami rusak dibagian kaca depan dan tengah menunggu evakuasi mengeluarkan truk dari dasar jurang. Kejadian ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, pagi kemarin (11/7).

\"Kendaraan mengangkut BBM Non Subsidi milik PT Aliran Karya dari Kota Bengkulu menuju PT Kaltim Global Kecamatan Putri Hijau. kecelakaan tunggal itu lantaran kendaran tidak kuat menanjak, sehingga menudur dan terperosok ke dalam jurang,\" ujar Kapolres Bengkulu Utara (BU) AKBP Andhika Vishnu SIK melalui Kasat Lantas AKP Hendriyanto P Hutasoid SH SIK, kemarin (11/7). Kronologis kejadian berdasarkan data terhimpun, truk tangki BBM Non Subsidi warga hijau melaju dari Kota Bengkulu hendak menuju Kecamatan Putri Hijau. Namun sesampaikan di tanjangan Mumbang Desa Karya Bakti Kecamatan MSS, kendaraan yang dikemudikan Indra tak kuat mendaki tanjakan. Sehingga rem kendaran juga tidak kuat menahan beban, kemudian mundur ke belakang hingga masuk ke dasar jurang.

\"Kendaraan sudah kita evakuasi dan diamankan. Penyebab kecelakaan murni lantaran tak kuat menanjak. Beruntung dalam peristiwa itu, tidak menimbulkan korban jiwa,\" ungkap Kasat. Kasat menyampaikan pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan. Kemudian tidak membawa beban muatan melebihi kapasitas seharusnya. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Apalagi dengan kondisi jalan yang berbelok dan pendakian cukup tinggi.

\"Faktor kelelahan supir juga menjadi sebab masuk jurangnya kendaraan tangki itu. Kemudian kondisi kendaraan dan beban yang terlalu berat. Sehingga kendaraan tak kuat menanjak,\" pungkasnya.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: