Kelurahan Kepahiang Ikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi KEPAHIANG, BE – Kelurahan Pasar Kepahia

Kelurahan Kepahiang Ikuti  Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi  KEPAHIANG, BE – Kelurahan Pasar Kepahia

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspresss - Kelurahan Pasar Kepahiang Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang menjadi satu-satunya perwakilan kelurahan yang maju pada perlombaan kelurahan tingkat provinsi Bengkulu. Wakil Bupati (Wabup) Kepahiang, Neti Herawati SSos mengatakan, hasil dari perlombaan menetapkan Kelurahan Pasar Kepahiang sebagai juara 1 di tingkat kabupaten dengan keberagaman masyarakatnya wilayahnya.

\"Kelurahan sudah kami nilai dan sudah memenuhi unsur pelayanan masyarakat dengan visi misi Kepahiang Maju, Mandiri dan Sejahtera,\" ungkap Wabup di Kantor Lurah Pasar Kepahiang, kemarin (10/7). Pada hari yang sama juga dilakukan penilaian untuk perlombaan kelurahan tingkat provinsi Bengkulu, dimana kelurahan Pasar Kepahiang menjadi wakilnya.

\"Kami telah berusaha sekuat tenaga dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang kami miliki untuk melakukan pembinaan desa dan kelurahan guna mengikuti perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi Bengkulu ini,\" sambung Wabup. Dijelaskan Wabup, perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan agenda kegiatan setiap tahun yang dimulai pada perlombaan desa dan kelurahan tingkat kecamatan, kabupaten dan tingkat provinsi.

\"Penilaian tingkat kecamatan di bulan April lalu, kemudian tingkat kabupaten pada bulan Mei yang menunjuk kelurahan Pasar Kepahiang dan Desa Pulo Geto Baru kecamatan Merigi sebagai juaranya yang berhak mewakili pada perlombaan tingkat rovinsi,\" jelasnya. Dikatakan Wabup, walaupun dengan persaingan yang berat dan juga ketat pihaknya mengaku optimis akan hasilnya kelak dan pihaknya siap memperbaiki semua kekurangan-kekurangan yang ada.

\"Akan kami benahi dan perbaiki kekurangan kami untuk kemajuan pada masa-masa yang akan datang,\" tutur Wabup. Dasar pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2017. Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu nomor 4/131/DPMD/2017 tanggal 08 februari 2017 perihal evaluasi perrkembangan desa dan kelurahan tahun 2017.

\"Dasar penilaiannya berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh Permendagri terkait dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2017,\" ujarnya. Sementara Kabid Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bengkulu, Elo Telo MSi mengatakan, ibu PKK sangat berperan dalam keberhasilan kelurahan Pasar Kepahiang.

\"Kelurahan ini tidak menghilangkan seni budaya dan tradisi masyarakat daerah, jadi memang pantas mewakili Kepahiang di tingkat provinsi,\" ujarnya. Diungkapkannya, di kelurahan ini organisasi karang taruna dan PKK berjalan aktif hingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga sehingga tingkat kejahatan juga berkurang.

\"NKRI akan kokoh kalau ekonomi kuat, kelurahan yang identik dengan keluarga pandai besi ini bisa menjadi contoh baik,\" tuturnya. Lurah Pasar Kepahiang Darwis SIP mengatakan, pihaknya siap mengikuti perlombaan kelurahan tingkat provinsi. Dirinya berharap Kelurahan Pasar Kepahiang bisa mendapatkan juara.

\"Terimakasih ke pemerintah daerah karena kami bisa juara di tingkat kabupaten dimana ini adalah ke 3 kalinya. Harapan kami kami bisa meraih gelar juara di tingkat provinsi bahkan nasional,\" singkatnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: