Lomba Bengkulu BISA Diperpanjang

Lomba Bengkulu BISA Diperpanjang

\"Bengkulu\"RT Terbersih Diberi Reward Rp 100 Juta

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Lomba Bengkulu Bersih, Indah, Sejuk dan Aman (BISA) akhirnya diperpanjang oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

Sebelumnya, pemkot akan mengumumkan pemenang lingkungan terbersih tersebut bersamaan dengan HUT RI 17 Agustus mendatang. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya pengumuman pemenang diundur hingga akhir Desember tahun ini.

\"Awalnya rencana kita bulan Agustus diumumkan. Tetapi kita akan undur agar masyarakat dapat lebih memaksimalkan lagi menjaga kebersihan lingkungannya,\" kata Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd, kemarin (9/7).

Perpanjangan waktu ini berdasarkan usulan dari para camat, lurah dan RT karena selama bulan puasa kegiatan rutin gotong royong sempat berhenti sejenak, sehingga belum mendapatkan hasil maksimal untuk dilakukan penilaian. Maka dari itu, pemkot masih memberikan kesempatan untuk melanjutkan kebiasaan warga untuk menjaga kebersihan dan melaksanakan gotong royong secara rutin.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Rusman Effendy SSTP mengakui selama dua bulan terakhir tingkat kebersihan lingkungan masyarakat sudah menurun, terutama selama bulan Ramadhan.

\"Makanya para camat itu minta waktu lagi untuk melakukan pembinaan secara maksimal. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan kegaiatan Bengkulu BISA akan kembali disemarakan,\" jelas Rusman.

Secara teknis, mulai awal September mendatang pihak kelurahan akan membina dan menilai RT-RT di lingkungannya untuk ditetapkan sebagai 3 wilayah atau RT terbaik dari kelurahan tersebut melalui Surat Keputusan (SK).

Kemudian, memasuki bulan November tim dari kecamatan menilai dan rekomendasi setiap kelurahan. Dan memasuki bulan Oktober dari hasil penilaian ditingkat kecamatan ini akan menyisihkan beberapa lingkungan untuk dilakukan evuasi tingkat kota yang dilakukan oleh tim terpadu.

Setelah mendapatkan hasil barulah awal bulan Desember akan segera diumumkan pemenang dari perlombaan lingkungan terbersih, dan mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 100 juta dan tiket jalan-jalan keluar negeri bagi RT, lurah dan Camat karena dianggap berhasil dan mampu membina serta menggerakkan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

\"Hadiah ini sebenarnya sebagai stimulan atau motivasi masyarakat. Tetapi tujuan utama yang kita inginkan adalah membiasakan warga untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih indah sejuk dan aman,\" pungkas Rusman.(805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: