Kades dan BPD Harus Bersinergi

Kades dan BPD  Harus Bersinergi

\"pembangunan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Kepada desa (Kades) dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sangat berberan penting dalam kegiatan pemerintahan dan pembangunan desa. Untuk itu Kades dan BPD Desa harus bisa selalu bersinergi dalam membangun desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama menjadi hal utama kepala desa dan BPD serta lembaga desa lainya, untuk meningkatkan kemampuan pemerintahan desa itu sendiri,” kata Sekda Kaur H Nandar Munandi SSos MSi kepada BE, Kamis (6/7). Dikatakan Sekda, keharmonisan antara pemerintahan desa dan BPD, menjadi satu di antara kunci penting dalam meningkatkan kualitas jalannya roda pemerintahan itu sendiri. Untuk itu, ia meminta kepada Kades dan BPD di wilayah setempat untuk selalu bersinergi dalam membangun desa

“Ini penting, agar tugas Kades dan BPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desanya bisa berjalan dengan baik, dan saya minta jangan ada lagi Kades dan BPD tidak sejalan,” mintanya. Lanjut Nandar, meski ada perbedaan pendapat itu merupakan hal biasa, asalkan jangan menjadi permasalahan yang bisa mengganggu jalannya pembangunan desa. Selain itu ia juga mengatakan, pemerintahan desa merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan, dan merekalah yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat.

“Sebagai ujung tombak Kades selalu meningkatkan pemahaman kepada aparaturnya terkait dengan kebijakan Pemerintah tentang desa, begitu juga dengan anggota BPD,\" ujarnya. Ditambahkan Sekda, terkait banyaknya anggaran yang dikucurkan pemerintah ke pihak desa, ia meminta kepada Kades untuk lebih berhati-hati mengunakan anggaran tersebut. Sebab apabila pihak desa tidak berhati-hati, maka mereka akan berhadapan dengan aparat penegak hukum.

“Saya minta kepada Kades untuk mengunakan DD itu sesuai prosedur yang ada, dan jangan sampai tersandung hukum. Oleh karena itu hendaknya pemerintahan desa harus selalu proaktif dan terus menjalin bekerjasama perangkatnya,” jelasnya.(618)

==STOP==

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: