HUT BI ke-64 Kembangkan UMKM, Dekat dengan Rakyat

HUT BI ke-64  Kembangkan UMKM,  Dekat dengan Rakyat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Memasuki usia yang ke 64 tahun banyak yang telah dilakukan Bank Indonesia (BI), khususnya di Provinsi Bengkulu. Melalui program-program yang gencar dilakukan, membuat BI menjadi roda penggerak perekonomian suatu daerah bahkan sudah banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkembang berkat BI.Hal tersebutlah yang membuat BI memiliki citra yang baik dan dekat dengan masyarakat. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan dalam momentum ulang tahun BI yang ke 64 tahun ini, BI akan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan perekonomian Provinsi Bengkulu. Perjalanan yg panjang yang telah dilalui BI seperti turbelensi bahkan pada saat krisis ekonomi pada tahun 1998, BI dihujat seolah krisis itu diakibatkan oleh BI.

\"Tetapi seiring berjalannya waktu, BI terus memberikan hasil terbaik dalam peningkatan perekonomian dan memajukan sektor ekonomi daerah, sehingga sekarang BI dapat menjadi mitra masyarakat,\" ungkap Endang saat memperingati hari jadi BI ke-64 di Kantor Perwakilan BI Bengkulu, kemarin (7/7). Diakui Endang, peningkatan perekonomian Indonesia yang terus tumbuh dan dapat melepaskan Indonesia dari krisis merupakan sebuah prestasi yang sangat di banggakan. Bahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang ini sudah tumbuh sangat baik hal ini berkat majunya sektor UMKM di Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu.

\"Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4 persen pada 2016 lalu, dan pencapaian ini diharapkan terus bertumbuh,\" ujar Endang. Dijelaskan Endang, pertumbuhan ekonomi yang semakin baik tersebut mengindikasikan bahwa Indonesia dapat menjadi lebih baik dan kuat dalam sektor perekonomian. Bahkan negara besar dan maju sekelas Amerika Serikat masih kalah dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

\"Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat hanya kurang dari 2 persen, jelas ini masih di bawah Indonesia,\" jelas Endang. Pertumbuhan ekonomi tersebut didorong meningkatnya UMKM yang ada di indonesia. BI Bengkulu pun berharap dapat terus mendorong UMKM untuk terus eksis dan menjadi roda perekonomian daerah.

\"Banyak program yang telah dijalankan BI, salah satunya adalah peningkatan UMKM. Ke depan, UMKM di Provinsi Bengkulu dapat terus maju,\" tutur Endang. Selain dari segi pertumbuhan ekonomi, inflasi juga dapat terjaga. Di Provinsi Bengkulu inflasi pada bulan Juni 2017 sebesar 0.58 persen dimana pada Mei hanya sebesar 0.56 persen.

\"Harapan kita inflasi ke depan dapat terus terjaga dan tidak terjadi peningkatan,\" tutur Endang. Diakui Endang, semua keberhasilan tersebut tidak lepas peran serta pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, Endang mengharapkan kepada Pemerintah yang baru dapat menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

\"Pemerintahan yang baru harus lebih baik lagi tata kelolanya. Tata kelola itu harus dikontrol sehingga mampu menciptakan pemerintah yang bersih, transparan, dan bebas dari korupsi,\" imbuh Endang. Selain memaparkan perkembangan ekonomi, BI juga memberikan beberapa paket sembako kepada para Veteran RI Kota Bengkulu dan pegawai outsourching di lingkungan BI. Menurut Endang, BI berdiri juga tidak lepas dari jasa-jasa pahlawan yang berjuang memanggul senjata. Sehingga pada ulang tahun ke 64 ini, BI memberikan bantuan sebagai bentuk menghargai para pahlawan.

\"Kita tidak bisa merasakan bagaimana pedihnya dan beratnya para pahlawan, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para ligium Veteran RI Kota Bengkulu, berkat bantuan mereka kota ini bisa bebas dari penjajah,\" ungkap Endang. Sementara itu, salah satu Veteran Kota Bengkulu, Fauzi mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada BI.

\"Kami mengucapkan terimakasih kepada BI, semoga pemerintah juga bisa mencontoh BI dan semoga terketuk hatinya untuk mengundang dan ingat jasa para Veteran,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: