Stok Bantuan Darurat Bencana Kosong

Stok Bantuan Darurat Bencana Kosong

\"Badan TAIS, Bengkulu Ekspress - Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, masih mengalami kekosongan paket bantuan darurat logistik. Mengatasi masalah ini, pekan depan tim dari BPBD Seluma, mendatangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Untuk mengusulkan paket bantuan logistik sebanyak 1.200 paket. Bantuan ini nantinya disalurkan pada korban setiap terjadi bencana di Kabupaten Seluma.

“Kita jemput bola lagi untuk mengatasi kekosongan stok logistik densgan harapan stok logistik bisa teratasi,” sampai Kepala BPBD Kabupaten Seluma Azwardi MPd ketika diwawancarai Bengkulu Ekspress kemarin (4/7). Sebenarnya stok logistik bantuan darurat bencana tidak boleh kosong. Karena ketika terjadi bencana, bantuan tanggap darurat harus segera disalurkan sehingga warga yang tertimpa bencana tidak mengalami kelaparan.

Bantuan paket logistik ini berupa, makanan cepat saji, serta makanan lainnya dan peralatan dapur. Selama bencana berlangsung tentunya masyarakat sangat membutuhkan bantuan ini. Sebelumnya BNPB juga sudah menegaskan BNPB menyediakan paket bantuan logistik. Sehingg BNPB meminta BPBD daerah mengusulkannya sesuai dengan kondisi dearah, sekaligus melaporkan peluang ancaman bencana.

“Bukan berarti berharap ada bencana, tapi ini untuk persiapan. Apalagi Kabupaten Seluma daerahnya rawan banjir dan longsor. Termasuk untuk bantuan logistik jika terjadi kebakaran hutan dan kebakaran rumah warga,” ujarnya.

Sementara untuk usulan lain berupa lanjutan bantuan pemasangan breakwater di wilayah Pantai Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Kepala BPBD Seluma mengatakan, saat ini tim BPBD Kabupaten Seluma, masih menyelesaikan laporan pekerjaan bantuan awal yang diterima beberapa waktu lalu. Setelah laporannya selesai, barulah BNPB bersedia memberikan bantuan lanjutan. Karena masih ada garis pantai yang belum dipasang breakwater sehingga berpeluang terjadi abrasi pantai, serta mengancam jalan di wilayah jalur lintas barat (jalinbar). (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: