PAD 3 Titik Objek Wisata Tak Jelas

PAD 3 Titik Objek Wisata Tak Jelas

TUBEI,Bengkulu Ekspress - Hingga saat ini, 3 titik lokasi objek wisata di Kabupaten Lebong, yang diketahui padat pengunjung pada saat perayaan lebaran, belum menyampaikan laporan. Untuk itu, Bagian Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, akan melayangkan surat resmi kepada Dinas Pariwisata, untuk dimintai kejelasan kontribusi sektor pariwasta yang didapat selama perayaan lebaran tahun ini.

Kepala BKD Lebong, Wuwun Mirza SE MT melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono SE mengakui, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan hasil pengelolaan 3 titik objek wisata selama lebaran di Kabupaten Lebong. Ketiga titik objek wisata yang diketahui padat pengunjung selama perayaan lebaran dan ditergetkan PAD tersebut, antara lain objek Wisata Danau Picung, Danau Tes dan Air Putih. Sebagaimana diketahui sebelumnya, guna meminimalisir potensi terjadinya pungutan liar (pungli), disepakati pengelolaan ketiga objek wisata tersebut selama berlangsungnya perayaan lebaran, dalam pengelolaannya diserahkan kepada pihak tripika masing-masing dan dikoordinir oleh Dinas Pariwisata.

\"Sampai sekarang kita belum jelas hasilnya, karena Dinas Pariwisata sendiri belum menyampaikan laporan. Untuk itu kita akan melayangkan surat resmi ke Dinas Pariwasata guna mengetahui berapa PAD atau kontribusi dari objek wisata yang masuk musim lebaran, untuk PAD Kabupaten Lebong,\" kata Rudi. Lebih jauh dikatakan Rudi, tujuan lain pentingnya laporan hasil pengelolaan ketiga titik Objek Wisata di Lebong ini, tidak lain diantaranya adalah sebagai tolak ukur dalam memaksimalkan pengelolaan objek wisata kedepannya di Kabupaten Lebong.

\"Untuk itu, secepatnya kita akan melakukan breaving bersama Dinas pemungut dalam hal ini Dinas Pariwisata serta pihak Tripika wilayah masing-masing yang diberi kepercayaan untuk mengelola langsung objek wisata diwilayahnya masing-masing,\" ungkap Rudi. Sebelumnya Rudi Hartono SE mengatakan, berdasarkan struktur APBD Lebong tahun 2017, tiga objek wisata yang ramai dikunjungi saat lebaran di kabupaten Lebong, antara lain adalah Objek Wisata Danau Picung, Danau Tes dan Wisata Air putih.

\"Ketiga objek wisata itu ditargetkan menghasilkan PAD senilai Rp 24 juta. Rinciannya, objek wisata Danau Picung ditarget Rp 10 juta, Danau Tes ditarget Rp 4 juta dan Air Putih ditarget Rp 10 juta. Sementara untuk tarifnya sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong Nomor 10 Tahun 2012 tentang Struktur dan Besaran Tarif Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, Retribusi Masuk ke Objek Wisata,\" ungkap Rudi.

Sesuai kesepakatan sebelumnya, oleh Pemkab Lebong menyerahkan pengelolaan objek wisata selama lebaran kepada Tripika. Untuk itu pihaknya sudah mendistribusikan karcis retribusi ke pengelola objek wisata untuk selanjutnya dikelola masing-masing Kecamatan sesuai lokasi objek wisata.

\"Untuk objek wisata Danau Picung di Kecamatan Pelabai, objek wisata Danau Tes Kecamatan Lebong Selatan dan objek wisata Air Putih di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Belapis,\" kata Rudi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: