Pelatihan Sertifikasi Kepsek 2018 Diusulkan Dalam APBD

Pelatihan Sertifikasi  Kepsek 2018 Diusulkan Dalam APBD

\"apbdARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Minimnya sertifikasi yang dimiliki Kepala Sekolah (Kepsek), membuat Dinas Pendidikan (Dispendik) Bengkulu Utara (BU) mengambil langkah, dengan mengadakan Seleksi Calon Kepsek (Cakep) mandiri. Bahkan rencananya sebanyak 80 Cakep akan diikutkan dalam seleksi yang akan digelar tahun 2018 mendatang.

‘’Kita sedang susun kebutuhan anggarannya. Nanti akan kita ajukan dalam APBD 2018. Apakah akan disetujui atau tidak, tergantung pembahasan ditingkat legislatif nantinya,’’ ujar Kepala Dispendik Bengkulu Utara Marogono SPd melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan Katwanto AmaPd.

Ia menambahkan pengadaan kegiatan pelatihan cakep menghadirkan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) datang ke Kabupaten Bengkulu Utara. Sehingga bagi guru yang berminat mengikuti sertifikasi, tidak perlu harus keluar daerah.

‘’Nanti kita akan undang LP2KS ke Bengkulu Utara, untuk mengisi materi. Jadi, para guru tidak repot lagi keluar. Sehingga tidak ada alasan jarak yang jauh membuat guru enggan mengikuti sertifikasi,’’ ungkapnya.

Ia menyampaikan untuk usulan dana yang dibutuhkan masih dalam tahap perincian. Karena biaya yang diperlukan, mulai dari transportasi, penginapan, makan dan minum hingga untuk pembayaran honor. ‘’Jumlah peserta yang kita usulan sebanyak 80 orang. Ini saja dana yang diperlukan, angkanya sudah cukup banyak,’’ terangnya.

Ia melanjutkan banyaknya peserta yang diusulkan dalam pelatihan sertifikasi, lantaran kemungkinan kelulusan juga cukup sulit. Karena berdasarkan pengalaman, peserta yang memenuhi syarat kelulusan hanya 50 persen dari keseluruhan.

‘’Ini sebagai antisipasi kita. Kalau pesertanya 80 orang, maka masih ada sekitar 40 peserta yang lulus. Sehingga lumayan untuk menutupi kekurangan,’’ tuturnya.

Untuk itu, ia berharap usulan yang disampaikan dalam APBD 2018 nantinya dapat disetujui DPRD. Apalagi ini untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Bengkulu Utara. ‘’Kita sangat berharap usulan ini dapat disetujui. Sehingga tenaga kepsek yang memenuhi standar kelayakan dapat kita penuhi sesuai aturan,’’ pungkasnya.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: