Parkir Lebaran Ditargetkan Rp 30 Juta

Parkir Lebaran Ditargetkan Rp 30 Juta

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir selama lebaran ini sebesar Rp 30 juta. Itu hanya untuk parkir di objek wisata, seperti Pantai Panjang, Benteng Marlborouhg, Tapak Paderi, Pantai Jakat, dan Pantai Kualo.

\"Kami menargetkan PAD parkir selama lebaran dari objek wisata sebesar Rp 30 juta,\" ungkap Kepala Diskub Kota Bengkulu Drs Bardin, kemarin (2/7).

Bardin menjelaskan, selain PAD parkir Pantai Panjang, sumber PAD parkir lainnya yakni parkir Benteng Marlborough, Pantai Kualo dan yang lainnya, dan akan dilakukan perhitungan pada akhir bulan Juli ini.

\"Harapan kami, PAD yang masuk bisa melebihi dari target yang ditetapkan,\" jelas Bardin.

Selain itu, ditambahkan Bardin, pada saat Idul Fitri 1438 H ini, pihaknya sudah menerbitkan beberapa Surat Perintah Tugas (SPT) juru parkir. Harapannya, dengan momen Idul fitri dapat dimanfaatkan untuk mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bengkulu dengan capaian target Rp 30 juta.

\"Penetapan SPT dilakukan Dishubkominfo untuk mengantisipasi maraknya keberadaan parkir liar, yang seringkali menggeser keberadaan titik-titik parkir resmi,\" tambah Bardin.

Lebih lanjut, Bardin mengatakan, pengelolaan parkir tempat wisata di kawasan Pantai Panjang dan Pantai Jakat terdiri dari 40 titik parkir, dan PAD retribusi parkir di kawasan wisata pantai selama lebaran tersebut termasuk dalam setoran perbulan.

\"Pendapatan selama lebaran tersebut penyetorannya digabung dengan pendapatan biasa yang disetor sebulan. Kita yakin pendapatan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu,\" ungkap Bardin.

Bardin mengaku pihaknya telah menetapkan 2 zona parkir yang menjadi target PAD tahun ini, yakni zona 9 dan zona 6. Ini lantaran potensi parkir ditempat di zona tersebut, seperti wisata Pantai Panjang dan Pantai Jakat akan mengalami peningkatan tinggi dibandingkan hari biasa.

\"Karena dalam suasana hari raya lebaran, kawasan wisata pantai selalu ramai. Jika kita hitung pendapatan selama lebaran bisa capai sekitar Rp 30 juta atau terjadi kenaikan seratus persen dari setoran biasanya,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: